Masalah yang dipilih untuk diatasi
Kurangnya motivasi belajar Peserta didik dikelas khususnya pelajaran informatika
Penyebab Masalah
1. Peserta didik kurang konsentrasi dalam pembelajaran dikelas terlihat dalam kegiatan belajar selalu melamun, tidak memerhatikan guru yang sedang menerangkan, mengerjakan soal latihan paling terakhir.
2. Peserta didik merasa tidak dilibatkan dalam pembelajaran dikarenakan Pembelajaran yang dilakukan tidak berpusat pada peserta didik.
3. Kegiatan pembelajaran belum menggunakan model atau metode pembelajaran yang inovatif dikarenakan guru kurang memahami langkah langkah pembelajaran yang sesuai
4. Peserta didik kurang tertarik dalam pembelajaran karena dikelas tidak menggunakan media
Solusi yang dipilih
Solusi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dikelas khususnya mata pelajaran informatika yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Turnamen(TGT)
Deskripsi
- TGT merupakan pembelajaran kooperatif yang efektif. Model pembelajaran TGT akan membuat siswa menikmati suasana permainan dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
Kelebihan
- Motivasi belajar lebih tinggi
- Hasil belajar lebih baik
- Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi
- Mendidik siswa untuk berlatih bersosialisasi dengan orang lain
- Dengan waktu yang sedikit dapat menguasai materi secara mendalam
- Proses belajar mengajar berlangsung dengan keaktifan dari siswa
- Mengedepankan penerimaan terhadap perbedaan individu