Lihat ke Halaman Asli

Sistem Absensi Manual Tidak Efektif? Saatnya Pakai HRIS!

Diperbarui: 24 April 2024   15:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Absensi menjadi faktor penting yang digunakan untuk berbagai keperluan perusahaan, seperti penilaian kinerja karyawan, perhitungan gaji dan lainnya.

Perusahaan biasanya melakukan absensi manual. Namun perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak akan sangat menyita waktu dan tenaga. Bagaimana cara mengotomatisasi sistem absensi perusahaan?

Apa itu Sistem Absensi?

Sistem absensi merupakan pencatatan jam kehadiran setiap karyawan meliputi waktu kedatangan dan kepulangan, status karyawan yang tidak masuk kerja karena izin, sakit atau lainnya.

Sistem absensi digunakan untuk keperluan penggajian berdasarkan jumlah jam kerja dan lembur. Perusahaan juga dapat menilai kinerja karyawan berdasarkan keterlambatan karyawan.

Pengelolaan data absensi yang cukup rumit karena dilakukan setiap hari terlebih jika jumlah karyawannya banyak. Agar pengelolaan data absensi berjalan dengan mudah dan lebih efektif, Anda dapat menggunakan aplikasi HRIS.

Kelola Absensi Lebih Mudah dan Cepat Menggunakan HR Desk

HR Desk merupakan aplikasi HRIS yang dapat mengotomatisasi proses absensi dan mengintegrasikan data absensi dengan data lain seperti perhitungan gaji, lembur, dan lainnya.

Penggunaan HR Desk cukup mudah, karyawan hanya perlu mendownload aplikasi HR Desk di Google/App Store dan melakukan registrasi. Setelah terdaftar, karyawan dapat mengisi absensi secara mandiri di ponselnya masing-masing.

HR Desk juga dapat mengelola cuti karyawan, shift, dan lain sebagainya. Perusahaan Anda dapat berkonsultasi dengan vendor perihal kebutuhan perusahaan.

Kesimpulan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline