Lihat ke Halaman Asli

Evergroen Gifts

Universitas PGRI Madiun

Limbah Kertas Kian Meningkat, Plantable Paper Menjadi Solusi?

Diperbarui: 28 November 2023   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Evergroen Gifts

Limbah kertas di Indonesia saat ini terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini tentunya menjadi keresahan bagi Masyarakat. Biasanya pemusnahan limbah jenis kertas ini dilakukan dengan cara pembakaran, yang nantinya menimbulkan dampak buruk bagi Masyarakat sekitar. Selain itu dilihat dari sisi ekonomi pemusnahan dengan cara pembakaran dinilai tidak memiliki nilai harga. 

Sebagai solusi dari permasalahan Masyarakat tersebut mahasiswa Universitas PGRI Madiun menciptakan sebuah inovasi daur ulang yang memiliki nilai ekonomi dan mampu membantu perekonomian sekitar. Limbah kertas yang sebelumnya memiliki dampak buruk namun dengan adanya inovasi ini menjadi dampak yang baik baik Masyarakat.

“Limbah kertas yang kian meningkat jika tidak segera di inovasi maka akan mencemari lingkungan, untuk itu kita ciptakan inovasi terkait permasalahan limbah kertas namun tidak melupakan nilai ekonomi dari barang yang sudah diinovasi” ungkap Khamidatun selaku ketua tim kelompok.

Bersama dengan teman satu tim yang terdiri dari 12 orang, ia mengolah limbah kertas ini menjadi sebuah produk kertas daur ulang atau biasa disebut Plantable Paper dimana jika kertas ini ditanam maka akan tumbuh menjadi sayuran seperti sawi, selada dan juga bayam. Cara pembuatan yang cukup sederhana menjadi daya Tarik pembuatan produk ini, cukup menghaluskan kertas bekas lalu dicetak dengan bentuk lingkaran setelah itu diberi benih pada permukaanya dan yang terakhir dikeringkan di bawah sinar matahari maka produk ini sudah dikatakan jadi.

Produk Plantable Paper yang diberi nama brand “EVERGROEN GIFTS” ini ternyata menarik perhatian beberapa orang. Mereka ingin tahu seperti bagaimana pembuatannya, cara menanamnya, dan bagaimana sebuah kertas bisa tumbuh menjadi sayuran. Beberapa orang selaku tim kelompok menjelaskan terkait pertanyaan yang diberikan. Karena menurut mereka hal ini unik dan membuat penasaran yaitu menanam kertas menjadi sayuran.

"Kualitas dan inovasinya yang sangat bagus, tentunya sangat menarik bagi kami para customer" imbuh Shintia selaku customer plantable paper. Mendapat tanggapan yang baik dari Masyarakat sebagai mahasiswa kami merasa sangat senang karena telah menciptakan inovasi yang pada akhirnya dapat membantu masyarakat dalam penanganan limbah kertas. Tidak hanya sebagai solusi pemusnahan limbah kertas kami juga telah menciptakan produk yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline