Pandemi Covid-19 memaksa seluruh kegiatan pembelajaran konvensional beralih menjadi pembelajaran berbasis online. Guru dan siswa dituntut untuk mampu beradaptasi dengan media pembelajaran online.
Perubahan sistem pembelajaran yang begitu cepat tanpa adanya persiapan yang matang membuat pembelajaran berjalan tidak efektif.
Di sisi lain, kondisi ini juga memberikan dampak yang cukup signifikan pada penguasaan siswa terhadap teknologi informasi dan komunikasi.
Mereka mampu dengan cepat dan mudah mengakses berbagai informasi yang diinginkan melalui internet.
Memperhatikan kondisi tersebut, Evelyn Febrina Ret Herdyane S.Pd., sebagai guru IPS di SMP Katolik Wijana Jombang memfasilitasi para siswanya dalam metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL).
Metode ini diterapkan dengan tujuan siswa mampu menyalurkan kemampuan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini pada hal-hal yang positif.
Bermodal smartphone serta informasi yang diperoleh dari berbagai sumber belajar, mereka dapat berkreasi dengan bebas namun terarah dan tentu masih dalam lingkup materi kelas IPS pada saat itu.Para siswa berproses mulai dari menata konsep, mengumpulkan informasi, membuat desain, melakukan beberapa revisi, hingga menjadi sebuah karya poster dan infografis karya seluruh anak kreatif kelas 9 Tahun Ajaran 2022/2023 yang bertemakan "BENUA".
#SemangArt #Learning #Socialscience #Learningandgrowing
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H