Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Peran Orangtua dalam Membimbing Karier Anak Sangatlah Penting?

Diperbarui: 21 Maret 2024   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran orang tua merupakan dasar yang paling penting dalam membimbing karir anak yaitu dengan mendidik anak dengan baik. Tanpa adanya peran orang tua maka anak tersebut akan mendapatkan kesulitan dalam mencapai cita - citanya. 

Dalam membimbing karir peran orang tua sangatlah dibutuhkan, karena untuk memberikan bekal kepada anaknya, selain itu orang tua tidak mau anaknya lebih bodoh lagi seperti mereka, karena menurut mereka anak merupakan salah satu generasi penerus yang harus dijaga. Tanpa dukungan dari orang tua karir seorang anak - anak akan jarang sekali bisa berhasil walaupun ada beberapa anak yang berhasil akan tetapi sangat sedikit sekali, terlebih jika orang tua memiliki harta yang cukup terkadang anaknya yang malas untuk menunjang karir-nya begitupun pula sebaliknya dan inilah yang banyak terjadi pada saat ini. 

Di dalam layanan bimbingan konseling ada salah satu layanan bimbingan yang diberikan orang tua kepada anaknya yaitu bimbingan karir. Dengan diberikan bimbingan karir yang dilakukan orang tua kepada anak bertujuan agar anak tersebut bisa mengambil keputusan yang terbaik yang diberikan orang tuanya mengenai karir-nya, tanpa adanya dukungan dan bimbingan dari orang tua maka anak tersebut tidak akan berhasil untuk mencapai sebuah karir yang sukses. 

Disamping itu orang tua memiliki tanggung jawab dan peran penting dalam suatu kebutuhan anak baik kebutuhan material maupun kebutuhan non material. Selain memenuhi kebutuhan anak, orang tua harus bisa menjadi seorang fasilitator, motivator dan orang tua harus menjadi seorang panutan yang baik bagi anak. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline