Lihat ke Halaman Asli

Eva Suarthana

Seorang dokter dan epidemiolog yang saat ini bekerja sebagai peneliti di Montréal, Canada.

Imunisasi Anak di "Puskesmas" di Kanada

Diperbarui: 3 Oktober 2019   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Setiap anak yang lahir atau tinggal menetap di propinsi Quebec, Kanada, dan memiliki kartu asuransi provinsial berhak untuk mendapatkan layanan imunisasi gratis di CLSC atau Puskesmas versi Quebec.

Jadwal imunisasi wajib untuk bayi baru lahir sampai anak usia 18 tahun ada dalam buku imunisasi dan kita harus buat perjanjian untuk mendapatkan vaksinasi. Waktu tunggu umumnya beberapa minggu untuk bayi dan beberapa bulan untuk anak-anak.

Buku imunisasi ini wajib dimiliki dan dilengkapi untuk persyaratan masuk sekolah di Quebec dan beberapa propinsi di Kanada.

Imunisasi dilakukan oleh perawat dan orang tua akan diberikan lembar informasi tentang manfaat imunisasi serta efek samping yang sering timbul dari jenis imunisasi yang diberikan serta apa yang dapat dilakukan jika anak mengalami efek samping tersebut.

Manfaat dan Efek Samping Imunisasi

Kemarin misalnya, si bungsu mendapat imunisasi varicella (cacar air) serta imunisasi ulang tetanus dan difteri. Perawat menjelaskan bahwa jangan khawatir jika dalam waktu 5-10 hari timbul beberapa bintil air kecil di daerah bekas suntik atau badan karena itu reaksi yang sering timbul dari imunisasi cacar air.

Bintil akan hilang dengan sendirinya dan jika anak demam ringan, cukup berikan kompres dan atau parasetamol. Imunisasi pada prinsipnya memang memasukkan kuman atau virus yang sudah mati atau dilemahkan ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, wajar jika anak mengalami efek samping yang mirip dengan penyakit yang coba diproteksi dengan imunisasi, tetapi dalam skala yang sangat ringan. 

Tujuan imunisasi agar sistem imun tubuh akan mengenali kuman dan virus tersebut sehingga pada saat terpajan kuman dan virus dengan kekuatan yang sebenarnya di masa mendatang, sistem imun tubuh sudah memiliki memori dan dapat memberikan perlawanan yang cepat dan tepat.

Anak yang diimunisasi varicella bukan berarti dijamin tidak akan mengalami cacar air seumur hidupnya.

Akan tetapi, pada saat anak tersebut mengalami cacar air, infeksinya ringan dan tidak membahayakan keselamatan hidupnya.

Ayo bapak dan ibu, cek jadwal imunisasi anak-anak, jangan sampai terlupakan!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline