Lihat ke Halaman Asli

eva Rahmawati

Mahasiswa

Tiga Zaman Auguste Comte

Diperbarui: 10 Januari 2024   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Auguste comte seorang filsuf prancis yang lahir pada 19 Januari 1798 dan meninggal pada september, 1857, auguste comte ini adalah pendiri positovisme dan juga gerakan filosofis dan politik.Comte juga mengembangkan beberapa filsafat yang diantaranya filsafat fisika,sains,matematika,kimia,biologi, dan terhadap sosial sains. Tetapi auguste comte ini tertarik dengan ilmu sosial dan filsafat. Ia pernah megembangkan gagasan tentang positivisme yang dimana mentornya itu saint simon. Dan dia membuat beberapa karya yang tercatat penting dalam sejarah pemikiran sosiologi " positivist review".

Dimana sebagai filsuf auguste comte ini mempunyai sebuah pemikiran yang dikemukakan olehnya yaitu tentang perkembangan yang menurut nya itu dibagi 3 zaman yaitu :

  • Zaman teologis yang dimana menurutnya manusia percaya bahwa gejala alam itu kuasa adikodrati yang dimna mengatur fungsi dan gerak gejala. Pada zaman ini dibagi 3 lagi yaitu animisme, politeisme dan monoteisme.
  • Zaman metafisis zaman ini manusia hanya bertujuan pergeseran dari tahap teologis.yang memiliki sifat khasnya yaitu kekuatan yang sebelumnya bersifat adi kodrati dan akhirnya diganti dengan kekuatan yang berarti abstrak yang dimana diintergrasikan dengan alam.
  • Zaman positif auguste comte m3nganggap bahwa zaman ini sebagai zaman yang tertinggi dari kehidupan manusia karena manusia membatasi dirinya dalam penyelidikan yang berbau pada fakta yang ada dan adanya atas dasar observasi dan penggunaan rasionya, manusia berusaha menetapkan relasi atau hubungan yang sesuai dengan urutan antara fakta.

Dan juga auguste comte juga memiliki teori yang ia kemukakan, pada teori yang ia kemukakan ini etrdapat 3 teori yaitu :

  • Positivisme dimana teori ini bahwa pengetahuan yang tepat itu diperoleh melalui dengan cara pengamatan yang akurat dan harus verifikasi empiris. Dan bagi auguste comte ini ilmu pengetahuan sains adalah cara untuk memperoleh pengetahuan yang benar dan bisa diandalkan.
  • Tiga tahap perkembangan masyarakat dimana teori ini beranggapan bahwa masyarakat dapat mengalami sebuah perkembangan yang dimana tahapnya itu teologis, metafisika,dan tahap positif yang dijelaskan pada 3 zaman diatas.
  •  Hierarki ilmu pngetahuan yang bertentang hierarki ilmu pengetahuan yang dimana aguste comte menyebutkan seperti sains fisika dan biologi dianggap sebagai ilmu dasar dari sebuah ilmu pengetahuan dan sosiologi yang berada dipuncak hierarki disebut sebagai ilmu yang sangat kompleks

Itulah beberapa pemikiran dan teori yang dikemukakan oleh auguste comte yang dimana tentang ilmu sains, biologi, fisika dan matematika, dan juga memberitahukan tentang 3 zaman yang dimana zaman teologis, metafiska, dan positif.

Nama : Eva Rahmawati

Nim : 1512300036




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline