Lihat ke Halaman Asli

Evan Kenzy

Pelajar

Ras ras dibumi, jangan bilang gw itu Rasis karena itu faktanya

Diperbarui: 19 Oktober 2024   19:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meimei suka orang 1t3m(dokpri) 

Ras adalah konsep untuk mengelompokkan manusia berdasarkan ciri-ciri fisik atau genetik. Beberapa ras yang ada di dunia, di antaranya:
 
Ras Kaukasoid
Ras ini memiliki ciri-ciri kulit putih, mata biru, dan rambut pirang. Ras ini tersebar di Afrika, Eropa Utara, India, Pakistan, dan Timur Tengah.
 
Ras Mongoloid
Ras ini memiliki ciri-ciri kulit kuning langsat, rambut kaku, dan mata sipit. Ras ini tersebar di Asia Utara, Asia Tenggara, Asia Timur, Madagaskar, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oseania

Ras Negroid
Ras ini memiliki ciri-ciri kulit hitam, rambut keriting, dahi menurun, bibir tebal, dan hidung lebar. Ras ini tersebar di Afrika di sebelah gurun Sahara.
 
Ras Australoid
Ras ini memiliki ciri-ciri kulit coklat kehitaman, mata gelap. Ras ini tersebar di selatan India, Sri Lanka, beberapa kelompok Asia Tenggara, Papua, kepulauan Melanesia, dan Australia.
 
Ras Melanesoid
Ras ini memiliki ciri-ciri kulit berwarna gelap, berambut keriting gelap, bibir tebal, dan hidung lebar. Ras ini tersebar di Papua, Papua Nugini, Vanuatu, Solomon, Fiji, Bismarck, dan negara di Oceania.

Istilah ras berasal dari bahasa Perancis-Italia razza, yang merujuk pada sekelompok orang yang dapat dibedakan berdasarkan karakteristik fisik mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline