Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Pasang Iklan Apartemen di Internet, Awalnya Sempat Ragu, tapi Akhirnya....

Diperbarui: 11 Mei 2018   10:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

housingwire.com

Saya memiliki sebuah unit apartemen di bilangan Jakarta Selatan, tepatnya di Kalibata City. Unit apartemen ini saya beli di tahun 2010 silam seharga Rp. 145 juta dengan tipe dua kamar (2BR) plus kondisi unit yang hanya semi-furnished. 

Awalnya, apartemen ini saya beli dengan maksud untuk saya tinggali, namun sejak dua tahun lalu saya sudah tidak tinggal di apartemen tersebut karena harus berada di luar negeri untuk urusan pekerjaan. Praktis apartemen saya ini kosong dan hanya sesekali ditempati oleh rekan maupun saudara-saudara saya yang kebetulan memiliki keperluan di Jakarta.

Oleh teman saya, saya dianjurkan untuk memanfaatkan apartemen kosong tersebut untuk dijadikan ladang bisnis investasi yakni dengan cara disewakan. Sebetulnya menarik saran dari teman saya ini, akhirnya saya coba mencari bagaimana cara yang mudah untuk menyewakan apartemen yang saya miliki ini untuk mendapatkan keuntungan

Adapun cara yang mudah yang saya temui adalah mengiklankan unit apartemen saya ini di situs-situs seperti Olx, FJB Kaskus, maupun website-website iklan baris lainnya. Kesemua website iklan baris tersebut memang mudah digunakan, serta gratis, tapi yang saya rasakan setelah sempat mengiklankan apartemen saya adalah sedikit yang melihat dan yang menghubungi saya untuk menanyakan apartemen tersebut masih available atau tidak juga hanya bisa dihitung dengan jari.

Sempat ada yang tertarik dan ingin melihat kondisi apartemen saya, namun setelah melihat-lihat dan tawar menawar soal harga, akhirnya calon penyewa tersebut membatalkan dengan alasan tidak cocok dengan lingkungannya. Cukup menyita waktu dan tenaga serta tidak membuahkan hasil!

Tak mau kejadian tersebut terulang lagi,  saya mencoba mencari website yang menawarkan penggunanya dapat mengiklankan apartemen tanpa ribet dan bisa meyakinkan calon penyewa. Akhirnya saya sampai ke sebuah website bernama Jendela360.com yang menawarkan pasang iklan sewa apartemen gratis. 

Caranya sangat mudah, pertama kita diminta untuk mengisi form yang berisikan data pribadi dan data unit apartemen kita. Pengalaman saya butuh 2-3 hari sebelum pihak Jendela360 menghubungi / memfollow up request pasang iklan apartemen.

Jika dilihat di website nya banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Jendela360, jika Anda memasang iklan sewa apartemen Anda di website mereka. Ada 3 (tiga) keuntungan yang mereka tawarkan, yakni

  • Unit Anda akan difoto oleh fotografer professional
  • Jendela360 mengklaim foto unit yang bagus dan representative  2x lebih cepat tersewa. Ditambah lagi dengan fitur 360 Virtual Tour yang mereka miliki akan membuat unit apartemen  jauh lebih atraktif di mata calon penyewa.
  • Jendela360 akan melistingkan / mengiklankan kembali apartemen Anda seluruh marketplace properti di Indonesia
  • Selain diiklankan di Jendela360, apartemen Anda juga akan diiklankan otomatis di marketplace properti di Indonesia.
  • Layanan untuk menemani kunjungan calon penyewa
  • Bagi Anda yang tak mau ribet ketemu dengan calon penyewa, Jendela360 bisa jadi solusi terbaik. Jendela360 akan mendampingi dan membantu calon penyewa dalam melihat unit milik Anda, sehingga anda tidak perlu repot-repot meluangkan waktu

Untuk dua kelebihan di atas sudah saya rasakan dengan cepat, pertama setelah follow up tim Jendela360 datang ke apartemen untuk mengambil foto dan hasilnya sangat berkualitas (High Definition). Tim fotograger Jendela360 juga membawa kamera 360 untuk merekam seluruh ruangan di unit apartemen saya.

Selain diiklankan di Jendela360, apartemen saya juga mereka iklankan di situs-situs marketplace properti lain seperti FJB Kaskus, OLX, Rumah123, UrbanIndo, dan masih banyak lainnya.

Hampir sebulan unit yang saya iklankan di Jendela360 akhirnya mendaptkan calon penyewa, memang kalau dihitung waktunya cukup lama hingga benar-benar mendapatkan calon penyewa yang serius. Tapi, usaha yang kita keluarkan boleh dibilang cukup minim.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline