Mekanisme pasar adalah kondisi adanya penawaran dan permintaan atas barang, sehingga pasarlah yang akan menentukan harga bagi produsen maupun konsumen.
Pengertian mekanisme pasar adalah sebuah sistem yang menentukan terbentuknya harga. Dalam ilmu ekonomi, apa itu mekanisme pasar merujuk pada pengaruh kekuatan penawaran dan permintaan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang ditransaksikan
Kelebihan Mekanisme Pasar
Dilansir dari buku “Ekonomi Makro”, terdapat beberapa kelebihan dari sistem mekanisme pasar yaitu:
Memberi Informasi Jumlah Permintaan
Pasar akan memberikan informasi akurat tentang produk yang paling dibutuhkan konsumen sehingga produsen bisa meningkatkan kuantitas barang atau jasa yang dijualnya dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Merangsang Pengembangan Usaha
Dengan keadaan pasar yang selalu berubah seperti pertambahan jumlah penduduk dan pendapatan penduduk, sehingga produsen berusaha meningkatkan sumber daya, kualitas produk maupun pelayanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Memberikan Keadilan Bagi Produsen dan Konsumen
Produsen bebas memilih jenis barang dan faktor produksi yang akan mereka gunakan, dan konsumen pun bebas memilih barang yang ingin dikonsumsi. Keduanya bisa memperoleh kebebasan tersebut dengan harga yang pantas berdasarkan jumlah permintaan dan penawaran yang ada.
Kelemahan Mekanisme Pasar
Namun, sistem mekanisme pasar ini juga memiliki beberapa kelemahan dan kekurangan, yaitu di antaranya:
Kebebasan Tidak Terbatas yang Menindas Golongan Kecil
Terkadang, terjadinya persaingan bebas bisa mengakibatkan pengusaha besar semakin berkuasa dan menindas pengusaha kecil.
Harga yang Fluktuatif
Harga di pasar naik dan turun secara drastis sehingga menimbulkan kebingungan pada pelaku usaha dan konsumen. Hal ini terjadi terutama pada produk yang langka atau terbatas.
Risiko Monopoli
Pada beberapa wilayah tertentu, perusahaan besar bisa mengendalikan harga dan memicu terjadinya monopoli pasar.
Contoh Mekanisme Pasar di Indonesia
Agar dapat memahami lebih dalam, ilustrasi kondisi cara mekanisme pasar bekerja adalah sebagai berikut.
Harga pasar minyak goreng kemasan 2L pada tahun 2021 adalah Rp28,000,00. Sebagai bagian dari sembako, tentu permintaan minyak goreng dari konsumen akan selalu ada, sehingga produsen pun akan selalu menawarkan minyak goreng tersebut.
Memasuki awal tahun 2022, minyak goreng mengalami kelangkaan akibat tidak tersedianya stok barang tersebut. Meski stok barang berkurang, permintaan konsumen tidak mengalami hal yang sama, bahkan karena semakin sulit ditemukan, konsumen mulai membeli minyak goreng dalam jumlah yang banyak ketika ada kesempatan yang menyebabkan peningkatan permintaan.
Melihat peningkatan permintaan disertai kelangkaan barang, maka produsen tentu akan memberikan penawaran harga pasar yang tinggi. Alhasil, harga minyak goreng kemasan 2L melonjak hingga Rp 40,000,00.
Sampai kondisi melonjaknya harga tersebut, itulah yang dimaksud dengan apa itu mekanisme pasar. Lalu, untuk mengontrol harga barang pemerintah mengeluarkan kebijakan baru, yaitu kebijakan harga eceran tertinggi (HET) bagi barang tersebut.
Kebijakan itu mengharuskan berbagai lapisan produsen di Indonesia menerapkan harga minyak goreng kemasan 2L di angka Rp24,000. Bersamaan dengan kebijakan tersebut, ditemukan bahwa akar permasalahan tersendatnya mekanisme pasar adalah kasus korupsi minyak goreng.
Setelah kasus diumumkan ke masyarakat, dibarengi dengan intervensi pemerintah melalui kebijakan keseragaman harga, maka mekanisme pasar bebas terjadi dengan sendirinya. Secara berangsur harga minyak goreng kemasan 2L kembali ke kisaran Rp28,000,00. Pengaruh kebijakan pemerintah dalam mekanisme pasar adalah penggambaran ini.
Dari informasi di atas, Anda bisa belajar bahwa mekanisme pasar adalah salah satu sistem paling mendasar yang harus dipahami. Bukan tanpa alasan, mekanisme pasar pastinya dapat mempengaruhi keseluruhan kondisi ekonomi. Tidak hanya mempengaruhi harga barang, namun konsep mekanisme pasar juga dapat digunakan untuk memahami harga pasar jasa, transportasi, hingga pasar modal atau bursa efek.