Lihat ke Halaman Asli

Pedestrianisasi

Diperbarui: 25 Juni 2015   00:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tiap hari keluar untuk melakukan aktivitas di luar rumah sungguh menjadi rutinitas yang membuat mood pagi hari yang baik menjadi buruk. Pasalnya kepadatan lalu lintas yang semakin mejadi hari demi hari dengan bertambahnya jumlah pengguna kendaraan bermotor ini bikin kepala ber-uap.

Keadaan lalu lintas ini diperparah dengan penggunaan mobil sebesar sebut saja CR*V yang hanya ditumpangi 1 orang, ckck. Sukur juga sih bukan bis muat 40 orang keliling kota cuma ditumpangi 1 orang yaitu supir. Belum cuma itu, udah macet, polusi, pengendara semena-mena, jelas saja ini memancing emosi pengguna jalan yang lain.

Segala permasalahan ini bisa dikurangi dengan salah satu sistem yaitu  'berjalan kaki', ada sanggahan?

Banjarmasin saya rasa tidak hanya kota seribu sungai tapi juga kota yang minim trotoar. Apalagi orang disini gengsinya tingkat tinggi, kalian jalan ke sekolah itu malu nya ga ketulungan.  Disini segala macam mobil mewah, orang belum di iklankan  mereka udah punya 1 di rumah maklum banyak pengusaha tambangnya. Ditambah lagi seperti yang disebut di atas, MINIM TROTOAR.

Bukannya ga cinta Banjarmasin sih trus jelek-jelekin kota sendiri, tapi ada baiknya juga punya trotoar buat jalan kaki. Ada sih trotoar, ya itu tapi sempit, ga ada peneduhnya, dipakai jualan lg ckck. Padahal dengan jalan kaki itu kan bisa ngehemat pengeluaran. Iri juga kadang dengan kota-kota di luar negeri, mereka macetnya di jalur pejalan kaki, bukan dijalan raya ya?

Karena itu, penataan kota yang bagus yang memudahkan warganya untuk berjalan kaki baik dari segi fasilitas maupun jarak tempuh bisa dijadikan poin untuk dibenahi, coba deh bayangin jalan kaki siang-siang dibawah pepohonan rindang di trotoar yang lebar, kemudian pada jarak sekian ada kursi kayu dengan bunga-bunga disampingnya, ada barrier tanaman untuk menghalau polusi, ada siraman-siraman air pada waktu-waktu tertentu, ada orang jualan cendol di persimpangan sebelah sana, siapa yang ga mau jalan kaki? siapa?

Tapi semua itu harus ada kerjasama antara semua yang terlibat. Gimana pedestrianisasi bisa sukses kalo orangnya pada gengsi semua. Berarti kedepannya gimana caranya biar jalan kaki itu lebih eksklusif daripada naik kendaraan bermotor. Kalo orang jalan kaki di cap sebagai orang miskin, ya ga bakal ada perubahan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline