Lihat ke Halaman Asli

Evalin Ndoen

Don't prove your self, just improve your self.

Pemberian "Diskon" pada 9 Events of Instructions

Diperbarui: 31 Juli 2023   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: check-n-click.com

Dari semua pelaku kepentingan pendidikan yakni siswa, guru, administrator pendidikan dan lain-lain, siswa merupakan aspek utama yang menjadi orientasi dalam melihat  kinerja guru, karena tidak ada sesi pengajaran yang dapat berlangsung tanpa kehadiran siswa. 

Siswa mengetahui metodologi, strategi dan pendekatan yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena mereka adalah penerima langsung dari apa yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. 

Merujuk akan hal ini, relasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam bidang pendidikan, menjadi aspek paling penting. 

Dalam mengajar, terdapat beberapa langkah yang wajib menjadi perhatian seorang guru ketika mendesain suatu pembelajaran. Teori yang paling melekat dalam keseharian guru ketika mengajar merujuk pada teori 9 Events of Instructions oleh Robert Gagne.

Berdasarkan penelitiannya dari tahun 1960-an, 9 Events of Instructions oleh Gagne dimaksudkan untuk memberikan guru, pelatih, instruktur, dan desainer instruksional dengan seperangkat pedoman untuk menciptakan pengalaman belajar yang efisien dan efektif. 

Setiap langkah dalam proses Gagne memberikan strategi komunikasi yang dimaksudkan untuk lebih memperdalam proses pembelajaran manusia. Ketika setiap langkah selesai, peserta didik dimaksudkan untuk menjadi tertarik, terlibat, dan berinteraksi dalam setiap topik pembelajaran.

Seiring dengan perkembangan jaman yang dibarengi denan perubahan-perubahan yang bermunculan khususnya di dunia pendidikan, seperti saat ini yaitu online class, 9 Events of Instructions sering mendapat "diskon". "Diskon" yang dimaksud adalah terdapat pengurangan dari total 9 instruksi. 

Dimaklumi bahwa dengan pelaksanaan sekolah secara daring, masih sering guru yang melakukan pemberian "diskon" terhadap 9 Events of Instructions

Hal ini terjadi diakibatkan karena keterbatasan waktu ketika pembelajaran online serta aspek-aspek penghambat seperti jaringan internet dan sumber daya manusia itu sendiri yaitu guru. Tentu peristiwa ini sangat disayangkan sebab sebagai guru, makanan sehari-hari adalah terkait dengan 9 Events of Instructions

Kurangnya wawasan guru terkait dengan teori Gagne ini menjadi salah satu penyebab. Di sisi lain,masalah waktu. Keterbatasan waktu ketika mengajar secara daring menyebabkan para guru sering melupakan beberapa langkah yang seharusnya dilakukan berdasarkan 9 Events of Instructions. 

Yang terjadi di lapangan, yang dapat diamati adalah pada langkah ke 2 yaitu inform learners about the objectives. Seringkali yang terjadi adalah ketika selesai pada langkah pertama, guru seringkali lupa untuk menyampaikan tujuan pembelajaran pada para peserta didik dan langsung menuju pada langkah ketiga yaitu stimulate recall or prior knowledge. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline