Lihat ke Halaman Asli

Semangat Menggapai Suatu Keinginan

Diperbarui: 13 November 2021   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://rencanamu.id/post/life/how-to/3-cara-efektif-supaya-tetap-semangat-dan-termotivasi-untuk-belajar

Saya seorang mahasiswi angkatan 2021 yang berarti sekarang masih mahasiswa baru semester 1.  Tempat tinggal saya di kota Jombang yang memutuskan untuk menempuh pendidikan perkuliahan di ibu kota Jawa timur yakni kota Surabaya.

Dengan adanya jarak antara tempat tinggal dan tempat pendidikan yang menurut saya jauh, maka saya berencana untuk tinggal di kost dekat kampus saat kuliah offline dimulai nanti. Karena saat ini saya masih menjalankan kuliah online, maka tetap belajar di rumah saja.

Perjalanan saya hingga sampai di titik ini dimana jurusan yang saya ambil merupakan suatu hal keinginan saya yaitu melanjutkan pendidikan perkuliahan di jurusan kesehatan apapun itu, saat itu saya memilih untuk mengambil jurusan di bidang kesehatan yaitu kesehatan masyarakat. Awal perjalanan saya tidak dimulai dengan mulus dalam artian tidak selalu berhasil, mulai dari mengikuti semua tes yang ada, namun hasilnya masih belum bisa diterima, dan pada akhirnya saya diterima di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya di program studi D3 Keperawatan. Hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat membanggakan bagi saya dan keluarga.

Kenapa saya memilih program studi keperawatan? Alasan pertama saya yaitu karena dari sejak kecil saya berkeinginan kalau suatu saat nanti akan menempuh perkuliahan di bidang kesehatan apapun itu, dan awalnya pula bukan keperawatan yang saya pilih, namun saya berfikir kembali dan akhirnya keperawatan lah program studi yang harus saya tempuh, meskipun saya sempat  terpikirkan kalau saya tidak mungkin masuk di program studi ini, dan tidak nyangka pula hasilnya saya bisa.

Ingin sekali suatu saat nanti saya bisa membantu sekuat kemampuan saya untuk andil dalam kesembuhan seorang pasien, menjadi perawat yang profesional, tanggung jawab, ramah, dan sabar adalah keinginan yang sekarang terpikirkan dan belajar hal tersebut untuk masa depan nanti.

Lalu, mengapa saya mengambil D3? kenapa tidak langsung S1?
Ya, saya memilih D3 keperawatan karena kalau menurut saya pribadi, belajar di dunia keperawatan yang terpenting adalah paham dalam mempraktikkan apa yang dipelajari. Nah, D3 keperawatan lebih mengarah atau dominan ke praktik daripada teori, dan ya memang lulusan dari tadi ke keperawatan juga bisa langsung kerja, namun ada persyaratan persyaratan tertentu. Alasan-alasan tersebut yang meyakinkan saya bahwa saya memilih Diploma 3 keperawatan.

Dalam perjalanan pendidikan saya dari dulu, moto yang selalu saya ingat adalah "Hasil Tidak Akan Pernah Menghianati Usaha" dalam artian besar kecilnya sebuah hasil akan menyesuaikan usaha yang kita lakukan.

Jadi buat teman-teman, apapun yang kita inginkan semuanya tidak ada yang tidak mungkin ketika Allah sudah berkehendak.

Mari kita lanjutkan perjuangan kita untuk mencapai suatu harapan yang kita inginkan di masa depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline