Lihat ke Halaman Asli

Do It Yourself: Bookmark

Diperbarui: 10 Juni 2024   09:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Bookmark, markah buku, atau pembatas buku adalah sebuah penanda yang diletakkan pada sebuah buku untuk menandakan sebuah lokasi di mana seseorang sedang atau selesai membaca. 

Pembatas buku memiliki bentuk dan bahan yang berbeda-beda, ada yang terbuat dari kertas, kulit, kain, logam, atau pita yang biasanya dijahit pada penjilidan sebuah buku. Menurut sejarahnya, pembatas buku sudah ada sejak abad ke-6 Masehi yang ditemukan di di dekat Saqqara, Mesir di bawah reruntuhan biara Apa Yeremia. Beberapa buku sudah dilengkapi satu pembatas buku, tetapi ada juga yang tidak.

Alternatif yang bisa dilakukan untuk memberi tanda pada buku adalah dengan melipat halamannya atau menggunakan benda-benda yang ada di sekitar teman-teman. 

Namun, bagaimana jika kita membuat bookmark DIY? Selain untuk mengisi waktu luang, dengan membuat bookmark atau pembatas buku sendiri dapat melatih kreatifitas, lho. Mari, kita buat sama-sama! Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan bookmark.

  • Siapkanlah alat dan bahannya.

Dokumentasi Pribadi

Pensil, penghapus, gunting, dan drawing pen.

Dokumentasi Pribadi

Untuk pewarnaannya bisa disesuaikan dengan teman-teman, bisa menggunakan spidol, krayon, atau yang lain. Aku sendiri menggunakan color pencil dan watercolor pencil.

Dokumentasi Pribadi

Kertas yang dipakai harus yang tebal agar tidak mudah rusak.

Dokumentasi Pribadi

Pita. Ini opsional. Jika teman-teman ingin menambah pernak-pernik yang lain dipersilakan.

Dokumentasi Pribadi

Pelubang kertas.

  • Gunting kertas sesuai dengan keinginan teman-teman. Kertas yang aku pakai ini berukuran A4 dan dapat dibagi-bagi hingga 16 bagian. Kemudian, untuk bentuknya pun sesuai kehendak masing-masing.

Dokumentasi Pribadi

  • Untuk langkah berikutnya bersifat opsional, aku beri garis tepi agar terlihat lebih rapi saja.

Dokumentasi Pribadi

  • Kemudian, buatlah sketsa sebebasnya teman-teman. Kalau aku menyesuaikan dengan konteks buku atau warna buku karena bookmark yang aku contohkan sekarang adalah untuk sebuah novel dengan cover berwarna hitam, maka aku putuskan untuk menggambar sketsa kupu-kupu yang nanti akan diwarnai dengan warna-warna gelap.

Dokumentasi Pribadi

  • Langkah berikutnya adalah warnai sketsa yang sudah teman-teman buat dengan alat mewarnai yang tersedia.

Dokumentasi Pribadi

  • Tahap terakhir pun opsional, teman-teman bisa tidak perlu untuk melubangi kertas pembatasnya atau pitanya dapat diganti dengan hiasan lain, seperti manik-manik dan lain-lain. Setelah bookmark dilubangi, lalu pita diikatkan pada lubang tersebut.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline