Lihat ke Halaman Asli

Do It Yourself: Kertas Binder

Diperbarui: 9 Juni 2024   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan buku binder. Biasanya orang-orang selalu menggunakannya untuk journaling, bekerja, atau sekolah. Masih ingat dalam memori saya ketika sekolah dasar selalu membeli kertas binder dengan desain yang lucu, kemudian akan melakukan barter dengan teman-teman untuk kertas binder yang diinginkan. Ada juga sebuah kertas binder yang cukup mahal dengan sebutan kertas harvest. Dulu, ketika saya memasuki bangku kuliah, mulai menggunakan binder sebagai atribut kuliah dalam mencatat materi di kelas, karena saya membutuhkan kertas binder pada saat itu akhirnya saya memanfaatkan kertas buku kosong yang sudah tidak terpakai.

Iya, kalian tidak salah dengar, pakai kertas buku kosong. Ketika itu, saya ingin berhemat dalam pengeluaran untuk persiapan kuliah, tentu saja saya membeli satu pack kertas binder untuk berjaga-jaga apabila harus diserahkan kepada dosen. Namun, untuk sekedar mencatat materi saya menggunakan kertas buku kosong yang didaur ulang menjadi kertas binder. Bahkan, teman-teman kuliah saya kaget ketika melihat merek buku ada di kertas binder saya dan memuji saya terlalu rajin dalam membuatnya.

Sekarang, saya mau share kepada kalian bagaimana saya mendaur ulang kertas buku kosong menjadi kertas binder. Let's go!

Pertama, kalian harus menyiapkan beberapa bahan dan alat, yaitu kertas buku kosong, kertas binder, clip kertas, cutter, pembolong kertas, papan, dan pulpen. Kertas buku kosong yang saya gunakan merupakan bekas dari buku pelajaran semasa sekolah menengah atau dari buku yang sudah tidak digunakan, jadi tidak semata membeli lagi buku yang baru.

Setelah bahan dan alat disiapkan, mari beralih ke tahap selanjutnya yaitu mengukur kertas buku kosong agar sesuai dengan kertas binder. Agar kertas tidak bergeser dan mikir, jepit kertas buku kosong dengan kertas binder dengan menggunakan clip kertas. Bagian kertas buku kosong yang akan dibuang adalah bagian yang berlubang oleh steples. Berilah tanda menggunakan pulpen di bagian atas dan bawah kertas buku kosong.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Tahap selanjutnya adalah memotong kertas buku kosong dengan bantuan cutter dan penggaris. Agar lebih nyaman dalam memotong kertas, pakailah sebuah papan sebagai alas. Sebelum memotong kertas, lepas terlebih dulu kertas binder dari kertas binder.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Pada tahap terakhir lubangilah kertas dengan pembolong kertas. Agar lubang dapat dibuat dengan rapi, gunakanlah kertas binder dan clip kertas untuk menjepit kedua kertas tersebut.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline