Lihat ke Halaman Asli

euodia suryani

Content Writer

SEO dan Kegunaannya I

Diperbarui: 21 Oktober 2020   10:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization". Secara sederhana, ini berarti proses memperbaiki situs Anda untuk meningkatkan visitor dalam pencarian yang relevan. Semakin bagus halaman Anda dalam hasil pencarian, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan perhatian dan menarik calon pelanggan dan pelanggan untuk datang ke website Anda.

Bagaimana cara kerja SEO?

Mesin pencari seperti Google dan Bing menggunakan bot untuk merayapi halaman di web, dari website ke website, mengumpulkan informasi tentang halaman tersebut dan memasukkannya ke dalam indeks. Selanjutnya, algoritma menganalisis halaman dalam indeks, dengan mempertimbangkan ratusan faktor atau sinyal peringkat, untuk menentukan halaman urutan harus muncul di hasil penelusuran untuk kueri tertentu.

Algoritma penelusuran dirancang untuk menampilkan laman yang relevan dan berwibawa, serta memberikan pengalaman penelusuran yang efisien kepada pengguna. Mengoptimalkan situs dan konten Anda dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini dapat membantu peringkat halaman Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Mengapa SEO penting untuk pemasaran?

SEO adalah bagian fundamental dari digital marketing karena orang melakukan triliunan pencarian setiap hari,  untuk menemukan informasi tentang produk dan layanan.

Ada lebih dari 2 miliar orang yang online. 93% aktivitas online dimulai di mesin pencari. Ada 40.000 pencarian setiap detik, dan 3,5 miliar pencarian per hari. Ada jutaan peluang agar bisnis Anda ditemukan di mesin telusur.

Manfaat SEO yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai inti strategi digital marketing, ada banyak alasan untuk berinvestasi dalam SEO untuk meningkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan mendapatkan lebih banyak pendapatan secara online.

1. SEO meningkatkan ROI digital marketing Anda

Ketika Anda berinvestasi dalam strategi digital marketing, pastinya Anda ingin mendapatkan laba atas investasi (ROI) sebanyak mungkin. Dengan memakai strategi SEO yang cerdas dan kompetitif, Anda dapat mengharapkan ROI yang meningkat.

SEO mereka menawarkan tingkat pembelian hampir 15 persen untuk prospek baru dibandingkannya dengan pemasaran tradisional - yang kurang dari dua persen.

Contoh, bayangkan nilai penjualan produk untuk untuk setiap prospek rata-rata Anda bernilai sekitar  500 ribu rupiah dan Anda mendapat sekitar 20 prospek baru setiap bulan. Dengan digital marketing, ditambah SEO, Anda sekarang akan mendapatkan 20 prospek baru setiap bulan - yang berarti tambahan 10 juta sebulan.

Bagi banyak bisnis, peningkatan pendapatan itu adalah salah satu manfaat terbesar SEO.

Namun, pendapatan tambahan dari penelusuran itu bergantung pada SEO. Jika peringkat website Anda di bagian bawah hasil penelusuran pada halaman dua, tiga, atau empat, pengguna tidak akan menemukan bisnis Anda. Mereka akan tetap berada di halaman pertama hasil, yang berarti Anda tidak akan menghasilkan prospek dari Google atau mesin telusur lainnya.

2. SEO meningkatkan kredibilitas Anda

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline