Lihat ke Halaman Asli

6 Karakteristik Media Baru

Diperbarui: 5 September 2022   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WordPress.com 

Media baru memiliki karakteritik yang unik, tulisan ini akan menjelaskan dan membahas mengenai pengertian media baru dan karakteritik dari media baru. 

Istilah media baru sampai saat ini masih menjadi perdebatan diantara para ilmuwan. Kesan awal yang ditampilkan oleh media baru sering diartikan sebagai media interaktif yang penggunaannya menggunakan perangkat komputer.

Media baru merupakan istilah yang menggambarkan suatu konten yang disediakan untuk menggunakan bermacam-macam bentuk komunikasi elektronik yang memungkinkan penggunaannya melalui pengguna teknologi komputer. Media baru Bisa juga disebut dengan digital media.

Istilah media baru secara umum menggambarkan suatu konten yang menyediakan sesuai dengan permintaan melalui internet. Konten yang dibuat dan diunggah bisa dilihat dan diakses pada semua perangkat apa pun dan menyediakan suatu cara untuk semua orang berinteraksi dengan konten secara real time. Dengan masuknya komentar pengguna dan memudahkan orang yang menggunakannya untuk membagikan konten yang mereka lihat dan buat secara online dan secara langsung dengan teman dan rekan-rekan kerja.

Media baru adalah media yang terintegrasi atau bisa juga dikatakan saling terhubung satu sama lain. Integrasi media ada didukung dengan adanya suatu teknologi internet. Interkonektivitas dihadirkan oleh internet dengan berbagai macam media.

Media baru merupakan media bentuk media yang memiliki hubungan dengan internet, komputasi, dan memiliki ketergantungan pada komputer untuk melakukan redistribusi. Contoh dari media baru yaitu telepon, media tunggal, situs game, komputer, dunia virtual, human computer interface, instalasi komputer interaktif, dan  animasi komputer (Manovich, 2003 dalam Jurnalisme Multimedia).

Kehadiran media baru sering diperdebatkan dengan media lama seperti radio, media cetak, dan televisi, namun banyak para ahli yang mengkritik perbedaan dari media lama dan media baru.

Media baru tidak masuk ke dalam program televisi atau analog. buku, majalah, film, kecuali media tersebut mengandung teknologi yang memungkinkan terjadinya proses generatif digital atau proses interaktif.

Hadirnya media baru ditandai dengan adanya konvergensi media. Secara struktur konvergensi media memiliki interaktiv dari tiga aspek yaitu komunikasi, data komunikasi, dan telekomunikasi.  

Media baru diartikan sebagai hal yang baru sebagai berikut:
1. Menghadirkan pola konsumsi dan hiburan.
2. Menawarkan representasional tentang pengalaman baru secara virtual.
3. Memiliki kegunaan dan menerima gambar yang digunakan pada media untuk melakukan komunikasi sehari-hari.  
4. Adanya pergeseran dari suatu pengalaman pribadi, sosial dari adanya waktu, ruang, dan tempat.
5. Memiliki sebuah tantangan untuk menerima adanya perbedaan antara manusia dan artifisial.
6. Adanya integrasi dalam budaya media, regulasi, kepemilikan, ekonomi, industri, dan kontrol.

Martin Lister, dkk (2009: 16-44 dalam Jurnalisme Media) memaparkan adanya enam karakteristik dalam media baru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline