Lihat ke Halaman Asli

Siap Menghadapi Masa Sulit

Diperbarui: 27 Oktober 2015   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mempersiapkan masa sulit

Hidup ini penuh dengan momen-momen.

Saat momen sulit adalah saat di mana sepertinya kita tidak akan pernah ada cukup uang, cukup waktu, cukup ruang untuk bernapas, hampir menyerah...

Sangat mudah untuk membiarkan diri kita terlalu stres tentang situasi sulit. Kadang-kadang ada bencana besar, ada penyakit kritis, peristiwa-peristiwa yang mengubah hidup yang benar-benar tak terduga dan tidak dapat dihindari.

Jadi, inilah pertanyaannya

Bagaimana Kita mempersiapkan diri untuk masa-masa sulit?

Saya berharap saya memiliki jawaban sempurna, namun sebaliknya, apa yang saya punya adalah jawaban berdasar apa yang kami alami selama ini..

Dana darurat

Dalam hal apakah dana darurat itu diperlukan? Suatu ketika salah satu dari orangtua kami meninggal dan kami harus segera kembali ke kota asal kami, dana darurat benar-benar menyelamatkan kami sehingga kami dapat tiba di rumah duka tepat semalam sebelum jenasah orang tua kami dikuburkan. Dan itu sebabnya saya sangat percaya bahwa dana darurat harus dimiliki oleh setiap rumah tangga. Dana darurat dapat berupa tabungan khusus, deposito, emas, dan juga asuransi. Tabungan dapat mudah dicairkan, deposito perlu waktu namun biasanya jumlahnya cukup besar, sedangkan asuransi dapat tepat menolong jika kita menghadapi masa sulit yang berhubungan dengan kecelakaan, sakit kritis, rawat inap di RS, meninggalnya kepala keluarga yang merupakan sumber income keluarga. Asuransi benar-benar dapat menyelamatkan angggota keluarga lainnya tepat pada saatnya.

Membuang semua Hutang

Yaa, kita semua tahu ketika hutang datang hidup menjadi makin sulit. Segera singkirkan semua hutang kita dan hidup akan menjadi lebih mudah. Kita akan memiliki lebih banyak ruang dalam anggaran bulanan dan membantu kita mengelola uang lebih baik. Jika Kita memiliki gunung utang maka akan sulit mengatur kehidupan terutama di masa-masa yang sulit. Segera berhenti berutang dan lunasi setiap hutang yang ada mungkin Kita miliki. Ini benar-benar membuat hidup Kita jauh lebih mudah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline