Lihat ke Halaman Asli

Gaul si gaul, tapi gak gitu juga...

Diperbarui: 30 September 2022   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

HAI sobar Kompasianer....

Sebelumnya, apa pendapat kalian mengenai dunia modern saat ini??...

Yapps, itu memiliki kaitan erat dengan globalisasi. Banyak dampak positif dengan adanya globalisasi ini yaitu mobilitas semakin tinggi, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dll. Namun tak dapat dipungkiri bahwa sesuatu juga membawa dampak buruk bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Contohnya demoralisasi akibat westernisasi seperti gaya pakaian yang berlebihan, anarkisme, seks bebas, narkoba, dll.

Sebenarnya, apa itu westernisasi yang sekarang ini berkembang di masyarakat?. Kata westernisasi berasal dari kata westernize yang secara harfiah bermakna " membaratkan". 

Westernisasi itu adalah usaha untuk meniru budaya kebarat-baratan yang secara berlebihan, baik dari segi tingkah laku, fashion, budaya dan yang lainnya tanpa filter penyaringan. Mereka seolah merasa keren jika meniru budaya kebarat-baratan, tanpa meninjaunya kembali implikasi yang akan ditimbulkan.

Dan tentunya ini tidak sesuai dengan nilai-nilai islam yang dikhawatirkan akan merusak norma dan moral umat islam khususnya generasi muda islam. Dampak dari adanya budaya westernisasi ini adalah:

  • Generasi muda akan ragu terhadap syariat islam
  • Jika dibiarkan terus menerus mengakibatkan rusaknya akidah islam
  • Generasi muda islam akan semakin jauh dari yang namanya budaya islam
  • Implikasi terhadap kehidupan masyarakat islam

Melihat hal demikian, rasanya sangat ironis, karakter bangsa pada generasi muda menjadi hilang. Eksistensi generasi muda menjadi tombak ukur kemajuan bangsa, nilai nilai yang harus tertanam pada setiap generasi muda harus berlandaskan Pancasila dan tentunya tidak menyimpang dengan ajaran islam. 

Sebagai muslim tentunya paham apa yang menjadi tanggung jawab kita di mata Allah, tanggung jawab sesama manusia dan tanggung jawab dimana pun kita berada. 

Sudah sepantasnya kita sebagai generasi muda islam menjadi generasi yang menjunjung tinggi integritas islam yang mampu membendung tradisi yang menyimpang dari syariat islam. 

Bukan malah ikut-ikutan melestarikan budaya yang hanya merusak moral dan peradaban aset bangsa. Buktikan generasi muda islam bisa menjadi pejuang yang tangguh, bisa mengembalikan kejayaan islam, karena perjuangan adalah sebuah pergerakan. Persiapkanlah dirimu dari sekarang, karena hari esok adalah milik mereka yang menyiapkannya sekarang. Allahu Akbar......




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline