Teknologi yang semakin canggih dan berkembang saat ini, menjadikan seorang auditor harus terus dapat mengupgrade keahliannya dalam bidang pemeriksaan akuntansi terutama dapat memahami betapa pentingnya EDP audit untuk dilakukan diperusahaan. Pemrosesan data elektronik (Electronic Data Processing) adalah metode dalam suatu pemrosesan data komersial yang menggunakan bantuan sistem komputer dalam proses mengumpulkan serta menganalisis bukti audit dan penggunaan komputer tersebut membawa dampak yang signifikan bagi hasil audit. EDP audit ini memeriksa secara keseluruhan menyangkut efektivitas, efisiensi, availability (ketersediaan), compliance (kepatuhan), confidentiality dan integrity (kerahasiaan dan integritas), aspek keamanan, modifikasi program dan data file/database.
Disini kami akan menjelaskan lebih detail mengenai cara melakukan analisis pada suatu sistem aplikasi PT Gojek Indonesia yang diharapkan dapat menambah wawasan bagi para pembacanya.
Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berasal dari Indonesia untuk melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ojek online sendiri didirikan oleh salah satu penumpang ojek konvensional, yaitu Nadiem Makariem pada tahun 2010. Hal ini dapat terjadi ketika Nadiem Makariem yang sering menggunakan angkutan dengan jasa ojek untuk dapat menembus kemacetan di kota Jakarta untuk pergi ke tempat kerjanya. Karena sering menggunakan jasa ojek, beliau melihat bahwa waktu luang tukang ojek banyak digunakan hanya untuk menunggu seorang penumpang saja. Sehingga Nadiem Makariem melihat sebuah peluang untuk dapat menciptakan suatu layanan yang dapat menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek tersebut.
Sistem aplikasi Gojek Indonesia akan dianalisis menggunakan COBIT (Control Objectives for Information and related Technology) yang terdiri dari 4 tujuan pengendalian tingkat-tinggi yaitu :
- Planning and Organization
- Acqusition and Implementation
- Delivery and Support
- Monitoring and Evaluating
Pemaparan tujuan pengendalian beserta domainnya :
1. Planning and Organization
a. Menetapkan rencana strategi IT
Melihat visi dan misi yang ada di PT Gojek Indonesia sudah sangat membantu pekerjaan dari pengemudi ojek. Selain itu, dengan adanya Gojek sangat membantu kehidupan manusia dimulai dari pengantaran barang, pembelian makanan secara online, melakukan belanja kebutuhan, dan lain sebagainya. Tentunya hal ini sangat mensejahterakan kehidupan para pengemudi Gojek karena tidak hanya berpatok untuk melakukan pengantaran manusia saja tetapi ada fitur pengantaran barang, belanja, dan lainnya.
b. Menetapkan susunan informasi
Sistem informasi untuk operasi bisnis terdiri dari : Transaction Processing Systems (TPS), Process Control Systems (PCS), Enterprise Collaboration Systems (ECS). Lalu ada sistem informasi untuk pengambilan keputusan manajemen terdiri dari : Management Information Systems (MIS), Decision Support Systems (DSS), Executive Information Systems (EIS).
c. Menetapkan kebijakan teknologi