Lihat ke Halaman Asli

Etilista Simatupang

GURU/GURU KELAS/SDS VISI KUDUS INDONESIA

Memahami Karakter Peserta Didik untuk Kegiatan Pembelajaran yang Tepat

Diperbarui: 30 November 2023   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran yang tepat, penting untuk memahami karakteristik dan kesukaan peserta didik. Setiap peserta didik  memiliki gaya belajar yang berbeda, yang dapat memengaruhi cara mereka mempelajari dan memahami materi dengan baik. Berikut beberapa ciri peserta didik  dan kegiatan belajar yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut:

1. Pembelajar Visual
Lebih suka mencari informasi melalui gambar, diagram, atau visualisasi.
Kegiatan yang Sesuai: Menggunakan alat bantu visual seperti grafik, video, atau presentasi PowerPoint dapat membantu peserta didik  memahami materi dengan lebih baik.


2. Pendengar
Jika peserta didik  suka belajar dengan mendengarkan dan berbicara.
Kegiatan yang dilakukan : Diskusi kelompok, ceramah, dan metode pengajaran berbasis audio, presentasi.

 
3. Pembelajar Kinestetik
Belajar melalui pengalaman langsung, tindakan dan gerakan.
Kegiatan yang sesuai: pembelajaran langsung, eksperimen, permainan peran atau proyek yang memerlukan aktivitas fisik.


4. Siswa Bahasa
Menggunakan kata-kata baik dalam membaca maupun menulis.
Kegiatan yang Sesuai: menggunakan buku teks, catatan, diskusi tertulis, atau penulisan esai/refleksi untuk meningkatkan pemahaman.


5. Logika dan Matematika
Memahami konsep melalui logika, pola, dan pemecahan masalah.
Kegiatan Terkait: Memecahkan masalah, menerapkan logika dalam diskusi, dan menggunakan contoh


6. Siswa Interpersonal
Menikmati interaksi sosial, kerja sama tim, dan belajar dari pengalaman bersama.
Kegiatan yang sesuai: proyek kelompok, diskusi, kolaborasi tugas, dan pembelajaran berdasarkan pengalaman kolaboratif.


7. Pembelajar Intrapersonal

 Lebih menyukai pembelajaran mandiri, introspeksi dan refleksi diri.
Kegiatan yang sesuai: jurnal pribadi, dan waktu untuk refleksi individu.


Memahami karakteristik ini dapat membantu guru mengadaptasi metode pengajaran peserta didik  dengan lebih efektif dan menanggapi kebutuhan siswa. Menggabungkan aktivitas pembelajaran yang berbeda juga dapat membantu mencapai preferensi pembelajaran yang berbeda dalam kelas yang sama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline