Lihat ke Halaman Asli

Etika Fatana

Fresh Graduate

Indonesia Terima Kartu Merah Sejak Babak Pertama, Australia Menang 5-3

Diperbarui: 2 Juli 2024   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret Timnas Indonesia Melawan Australia (Dok. PSSI.org).

Australia berhasil menghadang Indonesia untuk maju ke final Piala AFF U-16 2024. Australia mampu menang di Stadion Manahan Solo dengan skor sengit 5-3.

Semifinal yang digelar Senin (1/7/24) kemarin, berjalan seru walau Indonesia Muda harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit kedua puluhan akhir, setelah seorang pemain Indonesia dihadiahi dua kartu kuning.

Pertandingan ini langsung dimulai dengan semangat membara kedua tim. Baru menit pertama, salah satu pemain Australia langsung dihukum kartu kuning sebab melakukan foul.

Tak lama sejak peluit tanda permainan dimulai, pada menit ketiga Indonesia langsung berhasil mencetak gol. Crossing yang mengagumkan dari Mathew Baker menjadi asisst, lalu disambut baik oleh Gholy. Indonesia unggul sementara.

Pada menit ke sebelas, kiper Indonesia, yakni M. Ichsan mampu menyelamatkan gawang Timnas Muda. Ia dengan kakinya dapat menahan bola dari Australia yang hendak membobol gawang.

Keunggulan Tim asuhan Nova atas Australia harus diuji ketika wasit menyatakan penalti untuk Australia pada menit ke-19. Namun, setelah dihubungi oleh tim VAR, wasit meralat keputusannya karena ternyata pelanggaran terjadi di luar kotak penalti. Wasit memberikan free kick untuk Australia.

Tatu—pemain Australia mampu mengambil kesempatan free kick tersebut dengan baik. Bola melewati sela-sela kepala pagar pertahanan Timnas Indonesia. Saat itu, pagar Garuda Muda tidak ada yang melakukan loncatan dan gol tercipta. Australia menyamakan kedudukan, satu sama.

Pertandingan baru berjalan 27 menit saat Raihan dihadiahi dua kartu kuning. Indonesia terpaksa bermain dengan sepuluh pemain hingga menit akhir.

Babak pertama, wasit memberikan lima menit tambahan waktu. Dijangka waktu itu, kedua tim ini berbagi gol.

Menit ke-47 Ichsan gagal menangkap bola, bola tersebut langsung ditemu oleh pemain Australia bernomor punggung 22 dan membawa Australia unggul sementara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline