Lihat ke Halaman Asli

NBA All-Star: Timur Kalahkan Barat, Kyrie Irving Raih MVP

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Point guard klub Cleveland Cavaliers, Kyrie Irving, memberikan penampilan spesial dalam ajang NBA All-Star yang berlangsung Senin siang kemarin di kandang New Orleans, Smoothie King Center. Irving membuat 31 poin dan 14 assist untuk memimpin Tim Timur menyudahi dominasi Tim Barat dalam 3 tahun terakhir. Irving dkk menang dengan skor ketat, 163-155. Atas penampilan cemerlang tersebut, Irving pun dinobatkan sebagai MVP All-Star.

Akan tetapi Irving tidak bekerja sendirian karena dia mendapat bantuan dari Carmelo Anthony. Pemain New York Knicks ini juga tampil oke dan membuat 30 poin, 5 rebound serta 2 assist. Bahkan Melo menorehkan rekor baru dalam laga NBA All-Star setelah dia berhasil menceploskan delapan tembakan tiga angka. Sedangkan super-star NBA saat ini yang juga membela Tim Timur, LeBron James, hanya membukukan 22 poin.

Dari Tim Barat sendiri, tercatat ada 2 pemain yang berhasil membukukan poin diatas 30, bahkan diatas raihan Irving, yaitu Kevin Durrant dan Blake Griffin. Keduanya berhasil mengemas 38 poin dalam pertandingan tersebut, namun tak berhasil membawa Tim Barat mengalahkan Tim Timur untuk ke-empat kalinya secara berurutan. Kobe Bryant sendiri tidak dapat bermain di laga ini karena cedera lutut yang dialaminya.

Sebenarnya Tim Barat yang dipimpin Kevin Durant mendominasi pertandingan ini sejak awal pertandingan. Hingga kuarter pertama berakhir, Durant dkk unggul tipis 1 bola dari Melo dkk, 44-42.

Pada kuarter kedua, Tim Barat semakin mendominasi. Kevin Durant, yang bermain bagi Oklahoma City Thunder, bermain bagus dengan mencetak beberapa angka untuk menutup kuarter ini dengan keunggulan 13 poin dari Tim Timur, 89-76.

Di kuarter ketiga, Tim Timur mulai bangkit. Carmelo Anthony mulai memperkecil ketinggalan Tim Timur melalui lemparan tiga angkanya.Meski belum terbendung, tapi selisih poin kedua tim ini menjadi rapat dengan selisih 1,5 bola dimana Barat masih unggul, 126-123.

Dominasi Barat atas Timur mulai lenyap seiring cemerlangnya Kyrie Irving dan Melo di kuarter akhir. Melo masih mengandalkan akurasi three point shoot-nya, dimana dia sukses melesakkan 2 kali tembakan tiga angka. Irving sendiri berhasil menorehkan 15 poin dan membawa Tim Timur mengalahkan Tim Barat dengan skor 163-155.

163 poin yang ditorehkan Tim Timur telah memecahkan rekor poin tertinggi dalam laga NBA All-Star, dimana poin tertinggi sebelumnya adalah 155 pon, yang dibukukan ketika Tim Barat mengalahkan Tim Timur pada NBA All-Star tahun 2003 lalu.

Jumlah poin yang dihasilkan kedua tim pada laga kali ini juga membuat rekor tersendiri. Kedua tim mencetak 318 poin dan mengalahkan rekor yang pernah dibuat pada tahun 1987 dengan 303 poin.

Sementara itu untuk kontes slam dunk, wilayah Timur tampil sebagai juara. Diwakili oleh juara bertahan kontes slam dunk tahun 2013 Terrence Ross (Raptors) dan Paul George (Pacers) serta John Wall (Wizard), Timur mengalahkan Barat, yang diwakili Damian Lilard (Blazers), Harrison Barnes (Warriors) dan Ben McLemore (Kings), dalam format baru.

Jika pada kontes slam dunk sebelumnya beberapa pemain saling berhadapan dan diadu untuk dipilih 2 orang yang akan berlaga di final, maka tahun ini berbeda. Kontes kali ini dibagi menjadi dua bagian.

Bagian pertama adalah freestyle, dimana ketiga pemain dalam tim melakukan slam dunks sebanyak mungkin dalam waktu 90 detik. Dan pada bagian kedua, masing-masing pemain dari setiap tim diadu melakukan slam dunk satu lawan satu. Juri yang melakukan penilaian adalah Dominique Wilkins, Julius Irving dan Magic Johnson. Terpilih sebagai slam dunker terbaik adalah point guard Wizard dari Tim Timur, Wall.

Untuk kontes three point shoot, shooting guard (SG) San Antonio Spurs Marco Belinelli berhasil mengalakanBradley Beal dari Washington Wizard. Belinelli berhasil mencetak 19 poin secara berurutan.

Dari tantangan Shooting Star, tim yang digawangi Chris Bosh, Dominique Wilkins dan pemain WNBA Swin Cash berhasil unggul atas tim yang diisi Kevin Durant, Karl Malone dan Skylar Diggins.

Sedangkan pada kategori Skills Competition, wilayah Barat yang diwakili Damian Lilard (Blazers) dan Trey Burke (Jazz) menjadi pemenang setelah mengungguli Michael Carter-Williams (76ers) dan Victor Oladipo (Magic) dari wilayah Timur.

MVP NBA All-Star: Kyrie Irving (Cleveland Cavaliers)

NBA All-Star: East Team – West Team (163 – 155)

Slam Dunk: East Team ; Terrence Ross (Toronto Raptors), Paul George (Indiana Pacers), John Wall (Washington Wizard)

Best Slam Dunk: John Wall (Washington Wizard)

Three Point Shoot: Marco Belinelli (San Antonio Spurs)

Shooting Star: Chris Bosh, Dominique Wilkins, Swin Cash

Skills Competition: West Team ; Damian Lilard (Portland Blazers), Trey Burke (Utah Jazz)

Salam

18022014




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline