Lihat ke Halaman Asli

Indonesia Surga Bagi Para Vegetarian

Diperbarui: 24 Juni 2015   10:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Indonesia adalah surga bagi para vegetarian. Kenapa saya katakan demikian? Paling tidak sejauh yang saya rasakan Indonesia dengan iklim tropis menyediakan aneka macam tanaman yang dapat dikonsumsi. Murah dan mudah mendapatkan aneka jenis sayuran bagi para vegetarian. Pengalaman mengunjungi Eropa pada tahun 2010, betapa susahnya saya mendapatkan menu sayuran kala itu, lebih tepatnya menu sayuran yang terjangkau oleh kantong seorang mahasiswa. Saya melihat ada satu rumah makan yang menyediakan menu sayuran Indonesia. Kerinduan saya akan masakan Indonesia menggiring saya untuk melihat tatanan makanan yang terpampang di etalase rumah makan tersebut. Label harga menjadi pelengkap sajian yang ada di dalam etalase. Menu sayur kangkung saja jika dinilai dalam kurs mata uang rupiah kala itu adalah seharga 100 ribu rupiah. Akhirnya saya pun mengurungkan niat tersebut.

Tahun 2012 kembali saya mengunjungi negara lain di kawasan Oceania. Konon daging domba adalah menu favorit yang terkenal lezat. Dengan segala kenaifan yang ada dalam diri, saya memutuskan untuk tidak memakan daging domba tersebut. Kenapa? Entahlah, yang jelas saya hanya ingin bersikap hati-hati saja terhadap makanan dari sumber hewani. Di negara lain ini, jika kita menginginkan makanan halal maka kita tinggal menyebut dengan istilah "I am Vegetarian". Keputusan ini ternyata mempengaruhi ketika saya diajak oleh teman-teman makan di restoran, menu yang disajikan berisi olahan serba daging. Akhirnya saya katakan pada pelayan bahawa saya adalah vegetarian.

Tak berapa lama kemudian sang pelayan datang membawa pesanan saya, menu vegetarian. Daun seledri, tomat dan banyak mayonaise terhidang dihadapan. Ternyata hanya ini hidangan untuk menu vegetarian. Itulah saat kali pertama bagi saya benar-benar merasakan sebagai seorang vegetarian di negara lain. Jujur saja meu tersebut tidak cocok untuk lidah saya sebagai seorang Indonesia. Bagaimanapun juga hidangan sudah tersaji, maka saya pun bersyukur atas nikmat ini dengan melahapnya, tentu saja masih dengan lidah dan selera orang Indonesia. Saya membayangkan dan bersyukur betapa nikmat hidup di Indonesia bagi seorang vegetarian. Aneka olahan masakan yang bersumber dari tumbuhan banyak tersaji di seantero negeri. Soal lidah adalah soal rasa, maka dengan lidah saya sebagai seorang Indonesia, saya katakan Indonesia adalah surga bagi para vegetarian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline