Menulis iklan yang efektif dan persuasif adalah keterampilan penting bagi bisnis di era digital. Tujuan utama iklan tidak hanya untuk menarik perhatian tapi juga mengkonversi audiens untuk mengambil tindakan. Berikut adalah langkah-langkah utama untuk menulis iklan yang efektif.
1. Kenali target audiens Anda
Sebelum mulai untuk menulis, tentukan siapa target audiens Anda. Hal ini diperlukan guna untuk memahami keinginan dan solusi yang dibutuhkan oleh para audiens. Iklan yang sukses berbicara kepada audiens adalah iklan yang menawarkan solusi atau menunjukkan manfaat produk/jasa yang Anda tawarkan.
Gunakan pertanyaan ini untuk mencari tahu siapa target audiens Anda:
- Apa yang paling dicari audiens Anda?
- Bagaimana produk atau jasa Anda bisa membantu mereka?
2. Buat headline yang menarik
Headline, elemen terpenting dalam iklan harus dibuat dengan singkat, tegas, dan to the point. Jika terlalu panjang audiens akan malas membaca dan akan langsung melewati iklanmu begitu saja.
Tips:
- Gunakan angka atau fakta menarik.
- Tunjukkan manfaat utama produk.
- Hindari jargon yang sulit dipahami.
Seperti iklan berikut:
3. Fokus pada manfaat, bukan fitur
Saat menulis iklan, penulis sering kali terlalu berfokus pada fitur, padahal yang lebih penting adalah bagaimana produk tersebut dapat memecahkan masalah audiens. Jelaskan saja secara to the point manfaat yang dapat dirasakan oleh audiens.
Lihat contoh iklan berikut: