Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Kekinian di Sekolah Dasar

Diperbarui: 26 Maret 2019   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Anak anak sekolah dasar yang hidup di era kekinian dimana teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat membutuhkan media pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar mereka saat ini. Media berbasis digital / elektronik (E-Learning) merup[akan salah satu alternatif media pembelajaran ayng saat ini banyak diminati oleh anak-anak. Selain dapat menkonkritkan sesuatu ayng abstrak, fitur-fitur pada e-learning seperti gambar, animasi, suara dan video  dapat membuat anak menjadi semangat dan tertarik dalam belajar. Untuk kitu kita perlu mengenal beberapa media pembelajaran yang diminati oleh anak di era kekinian. Media tersebut antara lain :

1. Video Pembelajaran

Media ini dapat disearch di youtube atau dengan mengetik kata kunci pada kotak cari  (search) yang disediakan. Video juga bisa dibuat sendiri dengan aneka macam program yang banyak ditawarkan seperti movie maker, video show, viva video, filmore media flash dan lain-lain. Contoh video pembelajaran yang dibuat dengan menggabungkan berbagai program tersebut adalah sebagai berikut :

Materi tentang peredaran darah manusia 

Materi tentang jarring-jaring makanan

2. Slide presentasi

Media ini dapat dibuat denga menggunakan program powerpoint atau PPT yang ada pada windows, atau bisa juga menggunakan lectora.media slide juga dapat langsung disearch di google dengan mengetik kata kunci yang sesuai dengan materi yang ingin dicari.

3. Buku elektronik

Buku elektronik berisi ulasan materi yang terkadang disertai dengan gambar maupun latihan soal. Kebanyakan buku elektronik berbentuk pdf meskipun ada beberapa yang berbentuk swf.buku elektronik juga sangat mudah disearch di google dengan mengetik kata kunci sesuai materi yang diinginkan.

4. Soal online

Beberapa program pembuat soal online yang bersifat interaktif antara lain macro media flash , quiz qreator ataupun dengan menggunakan google drive. Kelebihan soal online selain paperless juga sudah otomatis muncul skor atau nilai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline