Lihat ke Halaman Asli

Tak Selamanya Nuklir Itu Bom

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13527630002011403961

Tahukah kamu bahwa sebenarnya nuklir itu bukan sekedar dasar pembuat bom. Anggapan kita selama ini tidaklah benar tentang nuklir. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa nuklir merupakan bahan pembuat bom dan zat yang berbahaya bagi kehidupan kita.

Persepsi tersebut tidak sepenuhnya benar. Bom yang terbuat dari nuklir hanyalah salah satu contoh kehebatan dan manfaat dari nuklir. Nukllir menjadi bom, dikarenakan reaksinya yang tak terkendali dan panas yang dihasilkan dibiarkan dalam wadahnya, sehingga menyebabkan tekanan yang sangat tinggi dan mengakibatkan ledakan dalam waktu yang singkat. Sedangkan nuklir yang dimanfaatkan sebagai reaktor, reaksinya dikendalikan dan panas yang ditimbulkan pun dipindahkan ke wadah yang berbeda (pendingin) yang kemudian dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Ada beberapa manfaat nuklir yang bisa kita peroleh darinya, dengan bantuan teknologi saat ini dan dengan pengelolaan yang baik, maka kemanfaatan nuklir dapat kita rasakan tanpa adanya rasa takut. Salah satu dari pemanfaatan nuklir adalah PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) yang sudah banyak dikembangkan di negara-negara maju, seperti Jepang. Tepatnya di daerah Fukushima yang beberapa waktu lalu sempat meledak akibat gempa bumi dan tsunami.

Manfaat yang besa

13527631001545735194

r dapat kita rasakan dari reaktor nuklir tersebut. Bahkan bahaya-bahaya yang ditimbulkan dapat diminimalisir dengan adanya penangkal dan perlindungan yang sangat efisien. Dari kecelakaan yang pernah terjadi, pembangkit listrik tenaga nuklir sudah mengalami perbaikan yang cukup signifikan, bahkan limbahnya pun sudah bisa dikendalikan sehingga pemanfaatan reaktor nuklir dapat dirasakan tanpa adanya rasa khawatir. Tingkat keamanan dari pembangkit listrik ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadi kita tidak perlu khawatir bila PLTN di bangun di Negara Indonesia.

Tidak hanya itu saja kegunaan nuklir, masih banyak manfaat dari nuklir dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita peroleh jika takaran yang digunakan sesuai dengan aturan yang ada. Sebagai contoh adalah radiasi dari nuklir yang kita ketahui sangat membahayakan bagi kelangsungan makhluk hidup. Namun, dengan adanya tehnologi saat ini, radiasi tersebut dapat dinetralkan bahkan dimanfaatkan di berbagai bidang dalam kehidupan kita.

Dalam bidang kesehatan, radiasi nuklir dimanfaatkan untuk tujuan pemeriksaan keadaan (diagnosis) dan juga digunkan untuk penyembuhan (terapi). Dalam bidang pertanian, terdapat beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dariradiasi nuklir. Pertama, untuk pemulihan taman, yaitu untuk memperbaiki sifat tanaman dalam memperoleh biji tanaman dengan keunggulan tertentu, semisal dalam tingkat produktivitas, ketahanan terhadap hama dan penyakit, memperpendek umur tanaman, dan sebagainya. Manfaat yang kedua dalam bidang pertanian ini adalah untuk efisiensi pemupukan. Zat radioaktif yang dihasilkan dari radiasi nuklir dapat digunakan untuk mempelajari system penyerapan pada akar tanaman. Yang ketiga adalah untuk pengendalian terhadap hama dan penyakit tanaman. Dalam hal ini dikhususkan bagi serangga yang jantan. Karena zat yang dihasilkan dari radiasi ini akan menyebabkan kemandulan pada serangga jantan, sehingga populasi serangga yang mengganggu tanaman dapat menurun dan tanaman pun dapat berkembang dengan baik.

Dalam bidang peternakan, manfaatyang dapat kita peroleh dari radiasi ini adalah untuk mempelajariproses pencernaan bahan-bahan makanan oleh mikroba yang terjadi di lambung ternak, sehingga kita bisa memilih pakan secara efisien untuk meningkatkan hewan ternak. Selain itu, radiasi berguna juga uintuk menilai kandungan nutrisi bahan pakan suplemen yang diperlukan hewan ternak dalam memelihara kondisi tubuh, pertumbuhan, produksi dan reproduksi hewan ternak. Radiasi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh hewan ternak terhadap suatu penyakit, yaitu dengan membuat vaksin yang bahannya terbuat dari penyakit hewan ternak itu sendiri.

Radiasi nuklir juga berguna dalam bidang industry. Di bidang ini radiasi nuklir telah digunakan untuk berbagai macam kemanfaatan, seperti untuk pengujian, mempelajari kesempurnaan proses pencampuran, pengukuran, eksplorasi air tanah, minyak, dan panas bumi, pengawet bahan makanan, obat-obatan serta alat kesehatannya.

Begitu banyak manfaat yang dapat kita ambil dari nuklir ini. Setelah kita mengetahui manfaat-manfaatnya, tentunya kita bisa memahami bahwa nuklir tidak selalu membahayakan bagi kehidupan kita. Dengan dosis dan aturan yang tepat nuklir dapat kita manfaatkan demi berlangsungnya kehidupan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline