Lihat ke Halaman Asli

Estik Zahiroh

saya seorang guru yang ingin terus belajar

Empat Strategi Mengajar

Diperbarui: 6 Februari 2016   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pagi ini saya ingin berbagi 4 strategi mengajar dari ribuan strategi mengajar, 4 diantara strategi mengajar itu saya dapatkan melalui pelatihan guru, saya akan jabarkan berikut

1.  Wayang

Semua materi yang akan kita ajarkan ke siswa atau konsep dapat di wayangkan, pertama kita liat mata pelajaran apa dan materi apa yang akan di wayangkan contohnya. pada mata pelajaran IPA BAB 1. Ciri-ciri makhluk hidup. ciri-ciri makhluk hidup  3 diantaranya adalah  memerlukan makanan dan minuman, bernafas, tumbuh. pada materi tersebut kita dapat menggunakan strategi Wayang, Maka kita siapkan medianya. a. makhluk hidup menggunakan media boneka orang, dan bisa di tambahkan boneka hewan, untuk makanan bisa kita pakai media boneka atau yg sederhana menggunakan gambar makanan,  lalu kita tinggal jelaskan materi tersebut menggunakan wayang / media yang sudah kita siapkan. setelah penyampaian dengan wayang selesai jangan lupa menyimpulkan materi bersama-sama.

2.Papan / Karton Permainan

selain menggunakan wayang ada juga dengan menggunakan Papan/karton permainan  seperti monopoli, ular tangga, puzzle dsb. materi atau konsep /masalah diaplikasikan menggunakan karton.

Contoh pada mata pelajaran matematika , materi penjumlahan maka guru dapat menggunakan puzzle yang dibuat sederhana oleh guru, pertama bisa juga dengan sebuah foto dari figur yang disukai anak2 lalu dibelakang sebuah gambar di tulis pertanyaan cerita penjumlahan lalu di potong2 seperti puzzle, dan siap untuk kita gunakan menjelaskan materi. selanjutnya kita kaji ulang dan membahas bersama untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi dengan media papan /karton ini. 

3. Flash Card

Strategi ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran, konsep lalu buat kartu dan di simpulkan , contohnya menggunakan permainan domino dan disesuaikan dengan materi pelajaran .

4.Simulasi

dengan simulasi ini siswa ditarik dalam situasi nyata atau yang sebenarnya.  contoh pada mata pelajaran IPS materi jual beli, bisa kita simulasikan dan diperankan oleh siswa-siswi sendiri. setelah siswa melakukan simulasi kita review dan simpulkan sejauh mana strategi simulasi ini dapat membantu penyerapan materi kepada siswa.

Ratusan bahkan ribuan strategi mengajar yang dapat kita gunakan untuk membantu anak mengerti dan memahami materi yang kita sampaikan, menjadi guru kreatif dan inovatif adalah sebuah keharusan. karna kita mengemban amanah yang tiada tara besarnya, tetap semangat dan pantang menyerah salah satu kunci menjadi guru yang diidam-idamkan. semoga..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline