Lihat ke Halaman Asli

Pengertian-Pengertian dalam Penelitian

Diperbarui: 17 September 2022   06:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RUMUSAN MASALAH, MANFAAT, DAN TUJUAN PENELITIAN 

Rumusan Masalah 

    Rumusan Masalah dalam penelitian adalah suatu rumusan atau kerangka dari isi dalam bab pembahasan, apa saja yang akan dibahas atau diteliti, jadi dalam rumusan masalah merupakan pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas atau dijadikan topik dalam bab pembahasan atau isi dari penelitian. 

Manfaat 

    Manfaat dalam penelitian yaitu apa manfaat dari hasil penelitian yang dilakukan. Manfaat dalam penelitian ada yang bersifat Teoritis dan ada yang bersifat praktis. Manfaat Teoritis berarti manfaat dari segi materi dari penelitian tersebut misalnya, hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi penelitian yang memiliki tema yang sama. Sedangkan manfaat praktis yaitu dilihat dari segi praktiknya, apakah hasil dari penelitian ini bisa di praktikkan misalnya, hasil dari penelitian ini bisa dijadikan sebagai contoh bahan ajar pada mata kuliah metodologi penelitian. 

Tujuan Penelitian 

    Tujuan penelitian yaitu apa yang menjadi tujuan dalam melakukan penelitian tersebut. Penelitian tersebut bertujuan untuk apa. Dalam tujuan penelitian disajikan apa saja tujuan dari penelitian tersebut. Biasanya tujuan penelitian berhubungan dengan rumusan masalah. 

TELAAH PUSTAKA

telaah pustaka yaitu kajian-kajian terhadap penelitian terdahulu yang satu tema dengan penelitian yang kita lakukan. Telaah pustaka berguna untuk mencari tahu apakah terdapat penelitian yang sama dengan penelitian yang kita lakukan atau belum ada dan apakah terdapat perbedaan atau persamaan antara penelitian terdahulu dengan penelitian yang kita lakukan. 

LANDASAN TEORI 

     Landasan teori adalah dasar riset dalam melakukan penelitian agar penelitian yang kita lakukan memiliki dasar dan berdasar, bukan penelitian yang tidak memiliki dasar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline