Lihat ke Halaman Asli

Esti Ayu Fadilla

SISWA KELAS 12 SMAN 3 KABUPATEN TANGERANG

Mengenal Makanan Fungsional "Gado-Gado"

Diperbarui: 7 Maret 2023   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Gado-gado adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Betawi, yang dimana gado-gado termasuk makananan fungsional. Karena Gado-gado yang saya buat bersama kelompok 5 yaitu membuat Gado-gado Betawi. Mengapa gado- gado termasuk makanan fungsional ? Yaitu dikarenakan gado-gado adalah makananan yang dapat dikonsumsi sehari-hari, dan pada bahannya terdapat sayur-sayuran seperti tauge, bayam, kol, labu siem. Ada juga  kacang panjang, timun, lalu ada telur, kacang, cabai, dan lainnya.

Alasan mengapa gado-gado merupakan salah satu makanan fungsional yaitu karena gado-gado sendiri adalah makanan sepinggan yang memiliki arti makanan yang lengkap yaitu sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang berada disajikan dalam satu wadah atau piring(sepinggan). Hubungan gado-gado antara makanan fungsional dengan makanan sepinggan adalah yang dimana makanan sepinggan merupakan makanan yang lengkap sebagai penyedia sumber zat gizi yang memiliki fungsi tertentu  yang baik.

Gado-gado juga dapat meningkatkan fungsi diet, karena itu gado-gado memiliki sebutan sebagai saladnya indonesia atau orang luar negeri biasa menyebutnya Indonesian Salad. Tentunya juga oleh karena itu bahan-bahan utama  gado-gado adalah sayur-sayuran yang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan pada orang yang mengonsuminya sebagai makanan untuk diet atau makanan sehari-hari seperti untuk sarapan atau makan pada jam siang.

Ada beberapa Komposisi bahan makanan penyusun gado-gado beserta kandungannya dan fungsinya sebagai makanan fungsional yang menyehatkan tubuh:

  • Tempe dan tahu (kedelai) : Mengandung isoflavon yang berfungsi dalam mencegah penyakit yang terkait pada hormon, mencegah kanker payudara, prostat dan usus besar, mencegah penyakit kardiovaskular, mencegah masalah pada  kesehatan tulang, dan mencegah syndrome pasca menopause.
  • Telur : Mengandung kolin yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak, lalu juga penting bagi wanita hamil dan menyusui karena mempengaruhi perkembangan otak janin yang sehat.
  • Tauge : Mengandung Seponin untuk mencegah serangan jantung, Coumestrol untuk menguatkan tulang, kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Kacang Panjang : Mengandung serat yang tinggi membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal juga untuk metabolisme lemak. Selenium yang berperan penting sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.
  • Mentimun : Mengandung Serat pangan yang berfungsi dalam pencernaan. Mengatasi masalah pencernaa seperti mag, gastristis keasaman dan tukak.
  • Kol (Kubis) : Mengandung serat yang tinggi untuk mencegah sembelit , dan Glutamin untuk mengatasi masalah radang lambung.

Komposisi saus kacang : 

  • Kacang tanah; Mengandung asam oleat (Omega 9) yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol.
  • Cabai rawit merah; Mengandung antioksidan Capsaisin dan mengandung Saponin yang berfungsi dalam mencegah terjadinya penyakit serangan jantung.
  • Air asam jawa; Mengandung Fenol sebagai antioksidan.
  • Daun jeruk purut; Mengandung Saponin untuk mencegah serangan jantung, Flavonoid sebagai antioksidan, mencegah penuaan dini,menghindari penyakit jantung, kanker dan tumor, menghindari penyakit aterosklorosis, menghindari trombus, dan sebagai anti diare.
  • Gula merah (aren); Mengandung:
  • Selenium membantu melemaskan otot saraf tubuh yang tegang sehingga dapat memberikan efek rileks dan membuat tidur lebih nyenyak.
  • Mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Jadi bahwa gado-gado dapat diklasifikasikan sebagai makanan fungsional karena bukan merupakan makanan kapsul, dapat dikonsumsi sehari-hari, dan setiap bahan yang terdapat di dalamnya seperti tauge, telor, kacang, cabai, dan lainnya, mengandung zat-zat yang memilki fungsi tertentu dalam tubuh. Selain itu, gado-gado juga dapat meningkatkan fungsi diet dan tentunya bahan-bahan gado-gado adalah bahan-bahan organik. Dan jika dilihat dari pembuatannya, gado-gado termasuk makanan fungsional tradisional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline