Assalammu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Halo teman-teman sekalian, semoga selalu dalam keadaan sehat yaa...
Dalam kesempatan kali ini, penulis akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan dinamika kelompok. Nah sebelum itu, apakah teman-teman semua sudah tahu apa itu dinamika kelompok? Kalau begitu langsung saja simak uraian di bawah ini ya...
Kata dinamika secara umum bisa diartikan sebagai gerak/pergerakan. Sedangkan kelompok merupakan kumpulan 2 orang atau lebih yang saling berinteraksi dan biasnya memiliki kesamaan tujuan. Jadi bisa kita simpulkan bahwa dinamika kelompok ialah segala sesuatu pergerakan/gejolak yang ada/tumbuh di dalam kehidupan berkelompok, hubungan sebab akibat dalam kelompok.
Manusia sebagai makhluk sosial tentunya tidak bisa terlepas dari kehidupan berinteraksi dan saling menjalin kerja sama dengan manusia lain. Disini, kita pun sebagai seorang pelajar seringkali terlibat dalam ranah kerja sama, seperti kerja sama dalam berdiskusi, kerja kelompok, menjalin pertemanan, persahabatan, tolong-menolong, dan lain sebagainya yang tentunya dalam lingkup kategori kerja sama positif dan bermanfaat.
Namun, kita sama-sama tahu, menjalin suatu kerja sama seringkali tidak semulus apa yang dibayangkan. Misalnya kita ambil contoh yakni keja sama dalam tugas kelompok.
Dalam mengerjakan tugas kelompok, pasti ada saja yang namanya teman pemalas yang saat diajak mengerjakan tugas, eh banyak sekali alasan kesibukannya. Teman yang seperti ini memang terkadang sangat menyebalkan, apalagi jika tugas yang diberikan itu cukup sulit. Selain teman yang pemalas, teman yang hilang-hilangan saat diajak mengerjakan tugas juga cukup membuat kita jengkel ya..
Nah maka dari itu, penulis memberikan beberapa tips/saran agar teman-teman bisa lebih tepat dalam menghadapi kriteria teman yang sudah diceritakan tadi, diantaranya:
1. Adakan diskusi/pertemuan awal dahulu
Nah jadi saat kita sudah menemukan teman anggota kelompok kita, maka untuk yang pertama kali kita perlu menjalin komunikasi secara santai terlebih dahulu. Kita bisa saling berbagi pandangan tentang konsep/rancangan tugas yang diberikan.
2. Bangun komunikasi yang baik