Lihat ke Halaman Asli

Aksi Lingkungan Terbaik

Diperbarui: 16 Oktober 2024   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ihttps://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fdataindonesia.id%2Finfografis%2Fdetail%2Finfografis-aksi-lingkungan-terbaik&psig=AOvVaw0m1GSal9qGmq

Elemen -- elemen retorika

1.ethos :ethos atau kredibilitas.  Kampanye aksi lingkungan terbaik ini dipublikasikan oleh website Dataindonesia.id. website Data Indonesia merupakan portal yang fokus pada penyajian data dan dibangun untuk membantu audiens dalam memahami Indonesia melalui data. Dengan tagline "for better decision", Data Indonesia menyajikan data dan analisis komprehensif mengenai ekonomi, bisnis, maupun sosial dalam satu platform yang mudah diakses. Data Indonesia berusaha menyajikan data yang valid, akurat, dan relevan, serta selalu mengutamakan kebutuhan pelanggan. Data Indonesia merupakan bagian dari Bisnis Indonesia Group dan dikelola oleh Bisnis Indonesia Resources Center (BIRC)

2. logos : logos atau fakta. Berdasarkan hasil survei lembaga GlobalScan, daur ulang merupakan aksi pelestarian lingkungan yang dianggap berdampak paling besar menurut Masyarakat global 2023. Aksi lainnya yang dianggap membawa dampak besar seperti mengurangi sampah sisa makanan dan mengurangi pembelian barang -barang plastik. Survei GlobalScan digelar pada juli -- agustus 2023 terhadap 29.565 responden yang tersebar di 31 wilayah seluruh dunia termasuk Indonesia. Hasil survei tersebut dimuat dalam laporan GlobeScan yang bertajuk healthy & suistainable living report 2023.

3.pathos: pathos atau kekuatan. Berdasarkan hasil survei lembaga GlobalScan, daur ulanng merupakan aksi pelestarian lingkungan yang dianggap berdampak paling besar menurut Masyarakat global 2023. Aksi lainnya yang dianggap membawa dampak besar seperti mengurangi sampah sisa makanan dan mengurangi pembelian barang -barang plastik. Dari data tersebut emosi Masyarakat merasa kagum dan terdorong untuk melakukan aksi - aksi  untuk tetap  menjaga lingkungan,  terlebih lagi jika orang tersebut merupakan orang yang peduli terhadap lingkungan  maka emosi yang dirasakan seperti semangat, rasa bersyukur dan harapan.

Elemen - elemen dialektika

  • 1.Totalitas :Orang-orang di dalam suatu hubungan saling tergantung. Ini berarti bahwa ketika sesuatu terjadi pada salah satu anggota dalam hubungan, maka anggota yang lain juga akan terpengaruh. Manusia hidup dalam lingkungan dan sangat bergantung padanya untuk memenuhi kebutuhan dasar. Kerusakan lingkungan akan berdampak langsung pada kesehatan, kesejahteraan, dan bahkan kelangsungan hidup manusia. Sebaliknya, upaya manusia untuk menjaga lingkungan akan berdampak positif pada kualitas hidup dan masa depan generasi mendatang. Aksi-aksi nyata seperti membersihkan sungai, menanam pohon, dan menjaga kebersihan lingkungan akan langsung meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Udara menjadi lebih bersih dan air menjadi lebih jernih,

2. Kontradiksi :  Elemen kontradiksi lebih merujuk kepada oposisi mengenai pertentangan dua elemen. Kampanye aksi lingkungan terbaik  seringkali mendorong konsumsi produk-produk ramah lingkungan, namun produksi massal dari produk-produk ini dapat menimbulkan dampak lingkungan yang berbeda.Penggunaan botol minum reusable dapat mengurangi sampah plastik, namun produksi botol minum ini sendiri membutuhkan energi dan sumber daya.

3. Pergerakan :   pada elemen ini adalah merujuk pada sifat yang memiliki proses dari suatu hubungan dan perubahan yang cenderung terjadi pada hubungan seiring dengan berjalannya waktu. Dalam konteks kampanye aksi lingkungan terbaik, "pergerakan" merujuk pada dinamika perubahan yang terjadi dalam suatu gerakan atau kampanye seiring berjalannya waktu. Ini mencakup evolusi tujuan, strategi. Pergerakan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti perkembangan isu lingkungan, perubahan kebijakan, respons publik, dan dinamika sosial politik.

4. Praksis ; manusia dianggap sebagai pembuat keputusan.. Salah satu dampak dari kampanye ini adalah Konsumen memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pasar dengan memilih produk yang ramah lingkungan dan mendukung perusahaan yang bertanggung jawab.

 Menurut saya, teknik kampanye  tersebut efektif untuk memengaruhi audiens untuk menjaga lingkungan dan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat untuk mendaur ulang sampah, mengurangi penggunaan plastik dan mengurangi sisa makanan.

Daftar pustaka

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline