Lihat ke Halaman Asli

Ester Yuniati

Mahasiswa

Intervensi Anak Tuna Grahita

Diperbarui: 12 November 2022   09:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menekankan pada pengenalan kata melalui proses mendengarkan bunyi huruf .Pada mulanya anak di ajak mengenal bunyi huruf,suatu proses memecahkan kode atau sandi yang berbentuk tulisan menjadi bunyi yang sesuai anak tuna grahita atau anak bermasalah dengan keterlambatan bicara.

Metode Membaca

1. Metode Fonik

Menekankan pada pengenalan kata melalui proses mendengarkan bunyi huruf. Pada mulanya anak di ajak mengenal bunyi huruf, kemudian menjadi suku kata dan kata. Mengenalkan huruf mengaitkan huruf depan dengan berbagai nama yang sudah dikenal anak.

2. Metode Linguistik

Metode ini didasarkan atas pandangan bahwa membaca ialah suatu proses memecahkan kode atau sandi yang berbentuk tulisan menjadi bunyi yang sesuai. Metode ini menyajikan kepada anak suatu kata yang terdiri dari konsonan- vocal / vocal- konsonan. Suku kata menjadi kata.

Misal : bu -- ku  buku

3. Metode SAS ( Struktural Analisis Sintetik)

Mengajar membaca dengan mengenalkan kalimat dipisah menjadi kata- suku kata -- uruf -- suku kata -- kata -- kata -- kalimat.

Misal: ini ibu budi

ini -- ibi -- budi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline