Lihat ke Halaman Asli

ESTER NAINGGOLAN

Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan

Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia

Diperbarui: 2 Juli 2022   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa adalah suatu kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi satu sama lainnya dengan memakai tanda atau simbol, misalnya kata-kata dan gerakan tubuh. Bahasa juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang berhubungan satu sama lain, yang tersusun dari simbol lisan yang bersifat arbitrer yang dipakai oleh sekelompok masyarakat, bahasa digunakan untuk alat komunikasi dan berinteraksi antar sesamanya. 

Seperti yang kita ketahui di Indonesia memiliki berbagai ragam bahasa, contohnya ada Bahasa Jawa, Bahasa Madura, Bahasa Sunda, dan banyak lagi. Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, muncullah Bahasa Gaul yang kerap digunakan oleh kaum muda dan berpengaruh terhadap penggunaan Bahasa Indonesia. Bahasa Gaul pada umumnya digunakan sebagai sarana komunikasi di antara remaja sekelompoknya selama kurun waktu tertentu. hal ini dikarenakan, remaja memiliki bahasa tersendiri dalam mengungkapkan ekspresi diri.

"Menurut Mulyana (2008), bahasa gaul adalah sejumlah kata atau istilah yang mempunyai arti yang khusus, unik, menyimpang atau bahkan bertentangan dengan arti lazim ketika digunakan oleh orang-orang dari subkultur tertentu".

Selain pendapat tersebut "Sarwono (2004) mengatakan bahwa bahasa gaul adalah bahasa khas remaja (kata-katanya diubah-ubah sedemikian rupa, sehingga hanya bisa dimengerti di antara mereka) bisa dipahami oleh hampir seluruh remaja di tanah air yang terjangkau oleh media massa, padahal istilah-istilah itu berkembang, berubah, dan bertambah hampir setiap hari".

Kedua defenisi itu saling melengkapi. Pada defenisi pertama hanya menerangkan bahwa bahasa gaul adalah bahasa yang mempunyai istilah yang unik, sedangkan defenisi yang kedua diperjelas lagi bahwa yang menggunakan bahasa tersebut adalah para remaja dan bahasa tersebut akan terus berkembang.

Ragam bahasa gaul remaja memiliki ciri khusus, yaitu singkat, lincah dan kreatif. Kata-kata yang digunakan cenderung pendek, sementara kata yang agak panjang akan diperpendek melalui proses morfologi atau menggantinya dengan kata yang lebih pendek.

Contoh penulisan menggunakan bahasa gaul:

a. Mager (kata ini merupakan singkatan dari malas gerak)

b. Sabi (kata ini memiliki arti bisa, sanggup atau mampu)

c. Gaje (kata ini merupakan singkatan dari gak jelas)

d. Besti (kata ini berasal dari bahasa inggris yang artinya sahabat)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline