Lihat ke Halaman Asli

Esteen

Mahasiswa S1 Pendidikan Sosiologi Antropologi/UNS

Ubah Sampah Jadi Rupiah, Mahasiswa KKN UNS bersama Desa Tanjungsari Rencanakan Program Bank Sampah

Diperbarui: 11 Agustus 2022   12:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ubah Sampah Jadi Rupiah, Mahasiswa KKN UNS bersama Desa Tanjungsari Rencanakan Program Bank Sampah

Sampah merupakan hal yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Setiap harinya manusia pasti menghasilkan sampah. 

Tentunya sampah yang dihasilkan tidak dalam jumlah yang sedikit. Mengingat hal tersebut, sudah semestinya taraf kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah juga ditingkatkan. Terlebih isu lingkungan hidup saat ini merupakan topik yang kembali ramai diperbincangkan. 

Desa Tanjungsari yang terletak di Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali merupakan salah satu desa yang peduli dengan masalah sampah. Kepedulian tersebut diwujudkan melalui program bank sampah. Sebenarnya program bank sampah ini sudah lama direncanakan dan hendak direalisasikan. 

Bertepatan dengan itu, maka mahasiswa KKN UNS 103 yang ditempatkan untuk berkegiatan di Desa Tanjungsari pun turut ambil bagian dalam merealisasikan program ini. 

Program kerja yang direncanakan oleh mahasiswa KKN UNS 103 sejalan dengan program Desa Tanjungsari. Salah satu program tersebut adalah bank sampah. Adapun penyusunan program kerja KKN dibuat berdasarkan kebutuhan dan potensi desa yang diketahui melalui survey dan observasi pada 8 Juli 2022. 

Selain itu, sinkronisasi program kerja KKN dan program desa juga dilaksanakan guna menyelaraskan antara program kerja mahasiswa dengan program yang ada di desa pada13 Juli 2022.

Program bank sampah sendiri, sudah dilaksanakan di beberapa desa yang ada di Kecamatan Banyudono. Salah satu desa yang sudah menjalankan program bank sampah adalah Desa Bangak Kecamatan Banyudono. Kegiatan bank sampah di Desa Bangak Banyudono sudah tersebar di beberapa titik lingkungan RT. 

Program tersebut dikelola oleh pengurus yang terdiri atas direktur, sekretaris, bendahara, penimbangan, pemilahan, dan humas. Hal ini diketahui berdasarkan studi banding yang terlaksana pada 31 Juli 2022. Mahasiswa KKN UNS 103 bersama Ibu PKK Prokja III menggali informasi dan pengetahuan, serta bertukar pengalaman melalui studi banding di Dukuh Sendutan, Desa Bangak.

Menindaklanjuti studi banding tersebut, ibu PKK Prokja III melaksanakan sosialisasi program Bank Sampah yang dihadiri beberapa perwakilan PKK dari seluruh RT di Desa Tanjungsari. sosialisasi berlangsung pada 2 Agustus 2022. 

Tidak hanya itu, penyuluhan mengenai program bank sampah juga dilakukan di beberapa kegiatan salah satunya Pos Kesehatan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline