Lihat ke Halaman Asli

Pengabdian Kepada Masyarakat: Strategi Digital Marketing untuk UMKM

Diperbarui: 13 November 2024   05:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

digital marketing merupakan pendekatan pemasaran yang menggunakan teknologi digital dan internet untuk menjangkau konsumen. Digital marketing mencakup berbagai metode, mulai dari pemasaran melalui media sosial, email marketing, SEO (Search Engine Optimization), hingga iklan berbayar di platform online. Transformasi ini memberikan peluang besar bagi bisnis, termasuk UMKM, untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan memperkuat brand mereka.

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk cara berbisnis. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sebagai salah satu pilar penting perekonomian, perlu beradaptasi dengan perubahan ini agar tetap kompetitif dan berkembang. Penerapan strategi digital marketing menjadi salah satu upaya yang efektif dalam menghadapi tantangan sekaligus memanfaatkan peluang di era digital. Strategi ini memungkinkan UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, serta memperkuat brand awareness 

Namun, di tengah berbagai manfaat tersebut, banyak UMKM yang masih menghadapi kendala dalam mengembangkan dan menerapkan strategi digital marketing yang tepat. oleh karena itu kami dosen dosen dari  beberapa kampus melakukan kolaborasi dalam kegiatan pengabdian kepada  masyarakat untuk memberi pencerahan  kepada Anggota UMKM binaan KISUCI.  Adapun Dosen dari TIm ini  yang  hadir adalah Ir. Essy Malays Sari Sakti, M.MSI, dan  Ir, Marnis. MM dari Universitas Persada Indonesia YAI, sedang dari STMIK Mercusuar  yang hadir adalah Karno Diantoro, M. Kom.  dan  Minda Mora Purba , S.Kom. M,MSI dari Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma serta  Agus Herwanto, S.Kom. MM dari Universitas Esa Unggul.

foto bersama denga tim lainnya( Dok. Pribadi)

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu pelaku UMKM memahami dan menguasai strategi digital marketing yang efektif, Memberikan wawasan kepada UMKM tentang cara memperluas jangkauan pasar melalui pemasaran digital, Mendorong UMKM untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif dengan memanfaatkan teknologi digital yang modern. 

Dengan metode penyuluhan dan diskusi kelompok diharapkan pelaku UMKM dapat menyerap dan memahami apa yang telah disampaikan oleh para narasumber.

Saat Penyuluhan ( Dok. Pribadi)

saat diskusi kelompok ( Dok. Pribadi)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline