Ada sedikitnya empat turnamen major terbesar di tahun 2018 yang berhasil menghasilkan akumulasi hingga 190 juta jam viewers dalam dua platform, baik Twitch maupun YouTube. Keempat event game tersebut adalah (berdasarkan urutan terbanyak) League of Legends World Championship 2018, CS:GO Boston Major 2018, The International 2018, dan yang terakhir adalah OverwatchLeague .
Berdasarkan laporan dari Newzoo, bila digabungkan, LoL Worlds, CS:GO Major Boston, serta TI Dota2 mendapatkan peningkatan viewers sekitar 6.9% dari tahun lalu. Overwatch League belum bisa dimasukkan dalam komparasi ini karena masih tahun perdananya.
League of Legends World Championship 2018 masih menempati posisi pertama sebagai turnamen major paling banyak ditonton, meskipun jumlah viewers di partai finalnya mengalami penurunan. Tahun ini, LoL Worlds berhasil mendapatkan total 81,1 juta jam viewers. Salah satu alasan penurunannya dikarenakan babak perempatfinal tahun lalu berlangsung selama 4 hari, sedangkan tahun ini hanya berdurasi 2 hari.
Meski ada penurunan, namun Twitch channel dari Riot Games menunjukkan peningkatan 11,7% ke total 28,1 juta jam viewership. Brand non endemic yang terpuaskan dengan jumlah viewer pastinya adalah sponsor mereka Mastercard dan State Farm, tanpa melupakan brand endemic seperti Acerdan Maxnomic yang menayangkan iklan pula dalam turnamen tersebut.
CS:GO Eleague Boston Major 2018 menghuni peringkat dua, di mana Cloud9, tim North Americapertama yang menang dalam turnamen Major CS:GO berhasil menarik total 54.1 juta jam viewers di platform Twitch dan YouTube. Keberhasilan tim Amerika dalam memenangkan turnamen ini mengangkat 26.8% peningkatan total viewers dibanding major tahun lalu, Eleague Major: Atlantayang berlangsung di bulan Januari.
Meskipun Eleague Boston Major adalah turnamen yang memiliki rata-rata jumlah viewers tertinggi dengan 173 ribu viewers, namun jumlah jam tayangnya yang singkat membuat angka totalnya kalah jauh dibanding League of Legends.
DOTA 2 The International 2018 juga mengalami peningkatan viewers di tahun ini, dengan total 49.3 juta jam viewers, atau meningkat 12,3% dari tahun lalu (TI7 - 43.9 juta viewers). Namun dibandingkan dua event di atas, sponsor TI kebanyakan adalah endemic, mulai dari NVIDIA, Maxnomic, dan Stratz. Menariknya, Maxnomic adalah sponsor dari tiga top events di 2018.
Overwatch League Finals memang jumlah penontonnya tidak sebesar ketiga event peringkat teratas, namun masih mendapatkan 5.6 juta jam viewers di musim perdananya. Mayoritas penonton datang dari Twitch channel OWL yang merupakan platform resmi untuk Overwatch League.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H