Lihat ke Halaman Asli

Dahlan Iskan Jadi Bintang Pesta Wirausaha 2012 Hari Pertama

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pesta wirausaha 2012 (10) Dahlan Iskan

"Ada yang berumur di bawah 24 tahun?", ucap Dahlan Iskan pada audiens acara Pesta Wirausaha 2012 di Smesco. Terlihat beberapa orang mengacungkan jarinya secara reflek. "Wow... banyak sekali, saya doakan pada umur 26 tahun jatuh bisnisnya!", dengan cepat Dahlan Iskan berdoa pada mereka yang mengacungkan jarinya. "Aaaamiiiiin...", serempak para audiens mengaminkan doa Dahlan Iskan. Tepuk tanganpun menggemuruh setiap Dahlan Iskan berdoa untuk kejatuhan bisnis audiens. Luar biasa memang cara Dahlan menyihir audiens. Semuanya seperti tak bisa melepaskan matanya dari sosok Dahlan, telingapun tak mau mendengar celoteh teman sederet. Semua pandangan mata tak lagi melihat gadget, semuanya terpana dengan gerak bibir Dahlan Iskan. Semua contoh yang dipakai sangat sederhana dan bahkan terjadi di acara ini, sehingga semua mudah memahami apa yang disampaikan. "Mumpung bisnis masih kecil, maka perlu merasakan betapa sakitnya ketika bisnis kita  jatuh, perlu merasakan sakitnya ditipu dan perlu merasakan segala macam bentuk kegagalan dalam berbisnis. Akan berbeda akibatnya kalau kejatuhan bisnis itu terjadi saat bisnis kita sudah besar, akibatnya bisa fatal" "Yang penting saat kita jatuh, maka kita tidak putus asa dan terus terduduk di lantai. Kita harus segera bangun. Pelajari kenapa bisa jatuh dan siapkan diri untuk melakukan ACTION agar ke depan tidak terjadi lagi!"

13277635291131286915

Saat pencerahan ini diakhiri, maka sebagian besar hadirin tetap meneriakkan kata "lanjuut...lanjuuut!", tapi waktu pak Menteri memang terbatas, sehingga acara harus di akhiri. Pak Menteri yang seperti biasa tanpa protokoler ini langsung membuat panitia sibuk. Semua unsur kepanitiaan mendadak jadi sekuriti untuk melindungi pak Menteri keluar dari ruang pertemuan. Banyaknya hadirin yang minta berfoto bersama membuat bagian keamanan sulit mengendalikan masa.

pesta wirausaha 2012 (12)

Mau dikerasin teman sendiri, mau dibuat lembut, kasihan pak Menteri yang tergencet oleh desakan para penggemar peminat foto bersama. Untung akhirnya semua menyadari betapa perlunya pak Menteri meninggalkan ruang acara.

pesta wirausaha 2012 (2)

Sebelum pak Menteri tampil, maka master motivator Jamil Azzaini sudah memanaskan suasana ballroom Smesco dengan aksi teaterikalnya yang membuat para penonton terkekeh-kekeh. Meskipun yang disampaikan sudah sering didengar tetapi gaya penyajian yang khas Jamil Azzaini membuat penonton benar-benar merasa terpuaskan. Melalui akun twiter yang bersliweran di Ballroom Smesco banyak yang menyayangkan sedikitnya alokasi waktu untuk Jamil Azzaini. Secara keseluruhan acara pemberian cindera mata memang memangkas waktu tampil para pemateri. Acara seremonial ini sebaiknya memang tidak diadakan untuk komunitas TDA, menghabiskan waktu dan membuat para pemateri hanya mendapat sedikit jatah waktu. Acara pembukaan Pesta Wirausaha inipun hampir saja terjebak saat masing-masing kepala Wilayah TDA diberi kesempatan berorasi. Untung manajer panggung segera bertindak, sehingga acara tersebut bisa dipangkas habis.

pesta wirausaha 2012 (1)

Hari pertama ini memang banyak sekali pemateri yang ditunggu oleh para penggemarnya masing-masing. Semuanya menarik dan berisi, kecuali mungkin pemateri sponsor yang harus tetap tampil meskipun tidak ada materinya yang menggigit. Sandiaga Uno sedikit menyentil materi yang disampaikan oleh sponsor yang mendapat aplause dari para penonton. Hari kedua, tentu akan makin menarik. Masih banyak pemateri yang akan mengisi acara Pesta Wirausaha di hari kedua besok. Mas Nukman, misalnya pasti akan banyak bercerita tentang social media yang sering menjadi pemborosan karena tidak mengetahui filosofi dari masing-masing jenis socmed.

pestawirausaha 2012 (15)

Mari kita siapkan fisik kita untuk kembali duduk mendengarkan para pemateri di hari ke dua Pesta Wirausaha 2012 ini. Bila perlu minum jamu kuat agar tidak mudah sakit. Yang lebih penting tidur yang nyenyak ya malam ini. Sampai ketemu di Smesco besok pagi. Salam Sehati.

pestawirausaha 2012 (9)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline