Lihat ke Halaman Asli

Permintaan Pelanggan Merubah Semua Jadwal

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1311294205841701523

Bulan Juli 2011 ini ada dua event yang sudah fixed tempat maupun tanggalnya, yaitu pelatihan mie sehati pada tanggal 10 Juli 2011 dan pelatihan GRATIS Bisnis Tiket (Travel Agent) pada tanggal 23 Juli 2011. Acara pelatihan bisnis mie sehati yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2011 berjalan lancar dan memuaskan para peserta, namun ternyata banyak yang tidak puas dengan pelaksanaan jadwal pelatihan ini. [caption id="attachment_124216" align="aligncenter" width="364" caption="Peserta Pelatihan Mie Sehati dari Tegal"][/caption] Memang biasanya pelatihan mie sehati diadakan pada minggu ke tiga atau ke empat setiap bulan, tetapi pada bulan Juli ini digeser pada minggu pertama di awal bulan, sehingga banyak yang akhirnya tidak sempat ikut karena menjadwalkan untuk ikut di minggu ketiga atau keempat. Beberapa masukan dari calon peserta pelatihan membuat tim mie sehati akhirnya memutuskan untuk mengadakan pelatihan tambahan khusus untuk bulan Juli, sehingga akan diadakan lagi pelatihan pada bulan Juli ini. Disepakati pelatihan akan diadakan pada hari Sabtu, 30 Juli 2011 menjelang masuk bulan puasa. Imbasnya, pelatihan bisnis travel agent juga diundur sekalian. Disepakati oleh para instruktur, jadwal untuk pelatihan GRATIS Bisnis Travel Agent jatuh pada hari Jumat, 29 Juli 2011. Tempat tetap sesuai jadwal awalnya. Pelajaran yang dapat diambil dari perubahan jadwal ini kurang lebih seperti ini : 1. Selalu siap untuk bereaksi positip dengan perubahan kondisi lapangan (baik pelanggan maupun mitra). Dunia selalu penuh dengan perubahan, yang abadi adalah justru PERUBAHAN itu sendiri. 2. Pelanggan tetap menjadi prioritas utama, bahkan ketika dia masih menjadi calon pelanggan dan belum memanfaatkan jasa kita. Biarpun dia masih calon pelanggan tetapi effort yang dikeluarkan tetap lebih kecil dibanding harus mencari pelanggan baru lagi (James Gwee). Jadi mari kita siapkan diri untuk selalu siap berubah dan selalu fokus dengan keinginan pelanggan baik yang tersirat maupun yang tersurat. [caption id="attachment_124215" align="aligncenter" width="640" caption="Instruktur Mie Sehati, Yeni 08883087532"]

1311294041657460967

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline