Lihat ke Halaman Asli

FourSquare Vs Koprol (Yahoo)

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ada yang bilang kalau Koprol adalah versi lokal dan sederhana dari Foursquare. Menjadi menarik ketika akhirnya Yahoo melakukan akuisisi terhadap Koprol. Tentu ini imbas dari kegagalan Yahoo membeli Foursquare yang kabar burungnya sudah ditawar sampai 100 juta USD (mahal bener ya?). Penggemar Koprol memang lebih senang memanfaatkan layanan dari koprol dibanding memakai layanan dari Foursquare. Hal ini mungkin berkaitan dengan perangkat yang harus dipakai untuk menerima layanan Foursquare. Boleh dikata ponsel biasa saja, sudah bisa menggunakan layanan koprol, sementara itu hanya ponsel jenis tertentu saja yang bisa menggunakan layanan Foursquare (4Sq). Perbedaan yang cukup mendasar lainnya adalah fasilitas check in. Pada layanan Koprol, kita bisa saja check in di Yogya, sementara itu kita sendiri berada di luar Yogya. Sedangkan pada 4Sq, bila kita berada jauh dari lokasi check in, maka 4Sq akan memberi pemebritahuan pada kita dan tdiak memberi poin terhadap kegiatan check in yang kita lakukan. Layanan yang diajukan oleh 4Sq memang cukup menarik, apalagi kalau kita sudah merasa bosan dengan PLURK atau bila kita ingin mengembangkan "kicauan" twitter + "status" Fisbuk kita, maka 4Sq menjadi sesuatu yang pantas dicoba. Layanan Koprol saat ini mungkin memang masih sederhana, tetapi dengan masuknya Yahoo di koprol, maka bukan tidak mungkin akan ada perubahan terhadap layanan koprol. Seperti juga layanan Social Network (SN) lainnya, maka 4Sq dapat langsung terintegrasi dengan Twitter dan Facebook. Untuk menjadi pengguna 4Sq, kita bisa melakukannya dengan mempergunakan PC atau buisa juga langsung dari ponsel, namun saat pengisian "shout out" ataupun saat proses "check in", maka hanya bisa dilakukan via ponsel. Meskipun ponsel yang kita pakai untuk akses 4Sq tidak dilengkapi dengan GPS, tetapi layanan 4Sq tetap akan mampu mendeteksi lokasi kita berada dengan memanfaatkan fasilitas GPS dari penyedia layanan ponsel kita. Hasilnya memang tidak benar-benar akurat, tetapi sudah cukup mewakili posisi kita saat itu. Layanan yang menarik dari 4Sq adalah fasilitas nilai/skor yang akan kita dapat setiap kita melakukan check in di suatu tempat. Makin sering kita melakukan check in di suatu tempat, maka makin besar kemungkinan untuk menjadi "MAYOR" atau boleh dibilang "PENGUASA" di tempat kita check in tersebut. Bagi para pengguna 4Sq yang menjadi Mayor di beberapa tempat akan mendapat sebuah badge "Super Mayor", sedangkan bagi mereka yang sering bepergian naik kapal laut, maka 4Sq juga menyiapkan badge untuk para pelancong ini. Sedangkan untuk mereka yang sering bepergian dengan pesawat terbang, disediakan juga badge yang lain. Badge ini akhirnya bisa menjadi ajang narsis para pengguna 4Sq. Layanan ini menjadi makin menarik, karena skor yang kita capai selama seminggu dapat dibandingkan dengan nilai yang didapat oleh teman kita. Misalnya seperti yang ditampilkan dalam leaderboard di bawah ini. Dari angka yang terdapat pada tabel di atas, dapat dilihat bahwa eko s melakukan 70 kali check in dan mempunyai nilai 861 poin, sedangkan eko e dengan jumlah check in yang sama hanya mendapat nilai 789 poin. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya faktor-faktor sebagai berikut :

  1. Ada nilai khusus untuk pembuat VENUE, yaitu sebesar 5 poin
  2. Ada nilai khusus untuk check in di suatu tempat yang belum pernah didatangi, yaitu sebesar 5 poin.
  3. Ada pertambahan nilai bagi yang sering check in, misalnya  check in yang pertama akan mendapat poin 1, sedangkan check in yang ke sepuluh akan mendapat nilai 10.

Sebagai contoh, misalnya pada saat kita melakukan check in yang ke sepuluh, kita membuat VENUE baru, pasang nama SENISONO LAMA di situ, maka kita akan mendapat nilai sebesar 10 + 5 + 5 atau 20 poin. Nilai 10 (sepuluh) didapat dari nilai check in yang ke sepuluh, nilai 5 ( lima) dari VENUE baru dan nilai 5 (lima) lagi dari pertama kali kita check in ke VENUE baru tersebut. Layanan 4Sq akhirnya menarik minat juga bagi mereka yang mempunyai bisnis yang berdekatan dengan hobi para pelancong, misalnya bisnis resto, hotel atau tempat wisata. Kita bisa membuat VENUE tentang bisnis kita dan tunggu sampai ada yang check in di VENUE buatan kita tersebut. Apakah layanan ini menarik atau tidak, semua terserah anda. Mari kita berbagi tips untuk layanan ini. Silahkan isi di kolom komentar dan berbagi amal dengan pembaca yang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline