Lihat ke Halaman Asli

Esgi Afrista

Learning Designer / Creative Content/ Learner

Condition of Learning Theory by Robert M Gagne

Diperbarui: 15 Desember 2022   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kompetensi manusia setelah belajar secara terus menerus bukan hanya disebabkan karena pertumbuhan saja. Belajar merupakan suatu hal yang kompleks. Pada teori Condition Learning menurut Gagne menjelaskan bahwa terdapat beberapa jenis atau tingkatan belajar yang berbeda. Signifikansi dari klasifikasi ini adalah bahwa setiap jenis yang berbeda membutuhkan jenis instruksi yang berbeda pula. 

Gagne mengidentifikasi terdapat 5 kategori utama hasil dalam pembelajaran yaitu sebagai berikut: 

  1. Intellectual skill 

Kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan lingkungan melalui lambang atau simbol. Mengasosiasikan simbol dengan fakta yang ada. contoh: asosiasi dan mata rantai, diskriminasi, konsep, kaidah, kaidah lebih tinggi

  1. Verbal information

Kemampuan seseorang untuk mengenal dan menyimpan nama istilah, fakta, dan serangkaian fakta yang merupakan kumpulan pengetahuan. jadi kalo yang pertama mengenal lambang ini sudah memberi nama

  1. Kognitif skill

Keterampilan untuk mengatur proses internal perhatian, belajar, ingatan dan pikiran

  1. Attitude

Keadaan dalam diri peserta yang mempengaruhi pilihan untuk bertindak.

  1. Motor skill

Mengorganisasikan gerakan sehingga terbentuk keutuhan gerakan yang mulus, teratur, dan tepat waktu

Kelima kategori hasil belajar tersebut memberikan landasan untuk menggambarkan bagaimana kondisi pembelajaran berlaku untuk setiap kategori dan hal ini akan berpengaruh terhadap pendekatan model instruksi yang akan digunakan. Gagne menjelaskan bahwa terdapat 9 model peristiwa instruksi dalam pembelajaran yaitu sebagai berikut:

  1. Gain attention: menimbulkan minat dan memusatkan perhatian misalnya memunculkan video atau kisah yang membuat siswa berfikir kenapa menulis cerpen itu penting

  2. Inform Learner objectives: menyampaikan tujuan pembelajaran

  3. Stimulate recall of prior learning: mengingat kembali materi pembelajaran sebelumnya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline