Lihat ke Halaman Asli

Susahnya Mencari Pelatih Setenang Wim

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Ada yang menarik dalam laga Timnas Indonesia kontra Iran di GBK, Selasa (15/11) lalu. Pelatih Timnas Iran Carlos Quiros tampak tegang dan tetap memberi instruksi kepada anak buahnya meski telah unggul 4 gol.

Kondisi itu terlihat kontras dengan apa yang dilakukan arsitek Timnas, Wim Rijsbergen. Sepanjang pertandingan, setidaknya saat tampak di layar kaca, tak pernah sekalipun beranjak dari tempat duduknya.

Meneer ini tampak duduk tenang dengan melipat kedua tangan di depan dadanya. Kalaupun ada perubahan posisi duduk, hanyalah antara menyandar dan duduk tegak. Yang tampak gelisah justru Lestiadi, asisten yang duduk di sampingnya.

Entah apa yang ada di benak Wim. Dia hanya duduk manis tanpa memberi instruksi kepada Bambang Pamungkas dkk. Bisa saja dia sudah lempar handuk atau masa bodoh dengan skema permainan anak buahnya.

Pelatih yang cukup cool pun seperti Pep Guardiola di Barcelona tak bisa setenang Wim saat di pinggir lapangan menemani anak buahnya. Belum lagi Sir Alex, sepanjang pertandingan hampir selalu berdiri di pinggir lapangan sambil menguyah permen karetnya.

Wim tetaplah Wim, yang tak bergeming meski timnya telah babak belur. Perangainya pun tak beda jauh dengan pejabat yang keukeuh menolak mundur meski telah gagal.

Apa yang akan dikenang dari seorang Wim? Bisa saja sosoknya yang sangat tenang. Indonesia akan kesulitan mencari pelatih setenang Wim.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline