Lihat ke Halaman Asli

Belajar Berbahasa Secara Santun

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14092338781933795663

Judul buku                 : Berbahasa secara Santun

Penulis                        : Prof. Dr. Pranowo, M. Pd.

Penerbit                     : PUSTAKA PELAJAR

Tahun terbit               : cet I 2009, cet II 2012

Tebal                           : i-x +154 halaman

ISBN                            : 978-602-8479-42-4

Bahasa merupakan cermin kepribadian seseorang. Bahkan bahasa merupakan cermin kepribadian bangsa. Artinya, melalui bahasa (yang digunakan) seseorang atau suatu bangsa dapat diketahui kepribadianya. Hal ini jelas bukanlah hal yang keliru, mengingat cara berbahasa seseorang akan menjadi kebiasaan yang membentuk perilaku seseorang, dan pada gilirannya perilaku tersebut akan membentuk kepribadiannya.

Jadi, berbahasa dengan baik, benar, dan santun merupakan hal yang mesti diupayakan. Berbahasa dan berperilaku santun merupakan kebutuhan setiap orang. Seseorang yang berperilaku dan berbahasa dengan santun sebenarnya lebih dimaksudkan sebagai wujud aktualisasi diri. Karena setiap orang harus menjaga kehormatan dan martabat diri sendiri. Jadi, disamping benar, pemakaian bahasa hendaknya juga santun.

Setelah mengetahui tentang pentingnya berbahasa dengan santun, pertanyaan selanjutnya adalah lalu bagaimana berbahasa yang santun itu? Buku tentang kaidah kesantunan dalam berbahasa memang belum banyak beredar. Buku karangan Pranowo berjudul Berbahasa secara Santun ini dapat menjadi pemantik awal bagi banyak kalangan, terutama yang berkompeten untuk lebih termotivasi secara lebih serius mengkonstruksi suatu pedoman atau kaidah kesantunan berbahasa yang lebih komprehensif.

Bahasa yang santun?

Santun tidaknya pemakaian bahasa setidaknya dapat dilihat dari dua hal, yaitu pilihan kata (diksi) dan gaya bahasa. Kesanggupan memilih kata seorang penutur dapat menjadi salah satu penentu santun-tidaknya bahasa yang digunakan. Setiap kata disamping memiliki makna tertentu, juga memiliki daya (kekuatan) tertentu. Jika pilihan kata yang digunakan menimbulkan daya bahasa tertentu dan menjadikan mitra tutur tidak berkenan, maka penutur akan dipersepsi sebagai orang yang tidak santun (hlm 16).

Selain itu, kesanggupan menggunakan gaya bahasa seorang penutur dapat terlihat tingkat kesantunannya dalam berkomunikasi. Gaya bahasa bukan sekadar mengefektifkan maksud pemakaian bahasa, tetapi memperlihatkan keindahan tuturan dan kehalusan budi bahasa penutur (hlm 18).

Faktor penentu kesantunan sendiri dapat dilihat dari beberapa aspek. Yakni aspek kebahasaan dan aspek nonkebahasaan. Aspek kebahasaan meliputi intonasi, nada, pilihan kata, gerak-gerik tubuh, mata, kepala, dan sebagainya. Sedangkan aspek nonkebahasaan berupa pranata sosial budaya masyarakat. Misalnya, anak kecil harus selalu hormat dengan orang tua, makan tidak boleh sambil bicara dan berkecap, perempuan tidak boleh tertawa terbahak-bahak,  dan lainnya (hlm 76-97).

Selanjutnya, setelah mengetahui bagaimana bahasa yang santun itu, dan faktor penentu kesantunan, kita akan diajak untuk menanamkan perilaku berbahasa santun, agar menjadi kebiasaan dan kepribadian diri kita yang santun dalam berbahasa. Ada banyak teori yang dapat dijadikan acuan yang diulas dalam buku ini, pertama prinsip kerja sama dari Grice (1983), kedua maksim dari Leech (1983), ketiga Austin (1978), dan lain-lain (hlm 34-39).

Yang menarik adalah, selain teori-teori tersebut, diulas juga mengenai anjuran membawakan sikap-sikap positif dalam budaya Jawa dalam berbahasa Indonesia. Pemakaian bahasa dapat dikatakan santun jika ada prinsip rukun dan kurmat (Geertz dalam Magnes Suseno, 1985: 38). Prinsip kerukunan mengacu kepada kewajiban setiap anggota untuk menjaga keseimbangan sosial, sedangkan prinsip kurmat bermakna “hormat” merujuk pada “kewajiban” menghargai orang lain sesuai dengan status dan kedudukan masing-masing dalam masyarakat (hlm 47-48).

Selain dua hal itu, nilai-nilai lainnya seperti andhap asor (rendah hati), sikap empan papan, sikap mau menjaga perasaan, sikap mau berkorban, sikap mawas diri dalam budaya Jawa dapat menumbuhkan nilai luhur lain. Seperti budaya malu, budaya hormat, berhati-hati dalam bertindak, dan angon rasa. Nilai-nilai dalam budaya Jawa dapat menjadi prinsip yang dipegang dalam membiasakan berbahasa santun, disamping teori-teori yang disebutkan di awal.

Realitas masyarakat

Dalam masyarakat, pemakaian bahasa ada yang santun dan ada yang tidak santun. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari ketidaktahuan kaidah kesantunan sampai pada ketidakmahiran dalam berbahasa santun. Kondisi ini menjadi persoalan bagi kita, jika ingin membudayakan bahasa santun di masyarakat.

Untuk mengatasinya, beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya dengan pembinaan yang dilakukan terus-menerus melalui berbagai jalur, baik keluarga, sekolah, kantor, dan lembaga-lembaga lain tempat berkumpulnya banyak orang. Selain itu, juga dibutuhkan pengawasan atau kontrol yang sifatnya “sapa senyum” agar masyarakat semakin sadar untuk menggunakan bahasa yang santun secara berkelanjutan.

Meskipun kaidah kesantunan belum ada acuan yang tersusun secara sistematis, jika setiap orang memiliki motivasi untuk berbahasa secara santun, niscaya akan dapat berbicara secara santun, minimal setingkat dengan kesantunan yang berkembang di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar (hlm 74)[]

Al Mahfud

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline