Lihat ke Halaman Asli

Esa Yayang

Mahasiswa

Memahami dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila di Sekolah

Diperbarui: 26 September 2024   06:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pancasila, sebagai dasar negara dan panduan hidup bagi seluruh rakyat Indonesia, tidak hanya sekadar serangkaian kata. Setiap sila dari kelima sila Pancasila memiliki makna tersendiri yang berfungsi sebagai pedoman perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah, sebagai lembaga pendidikan, memiliki peran yang lebih dari sekadar tempat untuk belajar dan menuntut ilmu. Selain mencerdaskan dan mengembangkan potensi serta keterampilan siswa, sekolah juga memainkan peran penting dalam membantu peserta didik memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar siswa memiliki rasa nasionalisme yang kuat, bangga terhadap bangsa Indonesia, serta turut berperan dalam menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Sekolah dapat melakukan berbagai upaya untuk mendorong siswa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka. Misalnya, pada sila pertama, "Ketuhanan Yang Maha Esa," siswa diharapkan memiliki iman dan taqwa kepada Tuhan. Upaya yang dapat dilakukan oleh sekolah meliputi penyediaan tempat ibadah atau ruang untuk kegiatan agama, penyelenggaraan kegiatan keagamaan seperti pengajian atau tadarus bersama, kegiatan kerohanian, serta memulai setiap kegiatan dengan doa.

Sila kedua, "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab," mendorong siswa untuk berperilaku mulia, membantu sesama, dan bertanggung jawab. Sekolah dapat mendukung ini dengan mengadakan kegiatan kemanusiaan seperti donor darah, berbagi sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, serta memberikan pembelajaran yang mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab atas tugas dan tindakannya.

Sila ketiga, "Persatuan Indonesia," menekankan pentingnya persatuan dan sikap toleransi di antara siswa. Sekolah dapat menanamkan nilai-nilai ini dengan menyelenggarakan kegiatan yang mendorong kerja sama antar siswa, seperti perlombaan atau kegiatan gotong royong.

Sila keempat, "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan," mengajarkan pentingnya musyawarah dalam menyelesaikan masalah. Sekolah dapat mendukung ini dengan memberikan perhatian lebih pada organisasi-organisasi siswa yang ada.

Sila kelima, "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia," mendorong siswa untuk bertindak adil dalam pengambilan keputusan, menunjukkan empati, dan bersikap toleran. Sekolah dapat membantu dengan mengadakan program yang meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan dan sesama, serta memberikan penghargaan dan hukuman yang adil sesuai prestasi dan perilaku siswa.

Penjelasan ini menggambarkan makna dari setiap sila Pancasila serta bagaimana sekolah dapat membantu siswa mengamalkannya. Dukungan dari berbagai pihak, baik sekolah maupun keluarga, sangat diperlukan agar siswa dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline