Lihat ke Halaman Asli

Esa Jati Manunggal Sukma Adhi

Mahasiswa S-1 Sosiologi UNS

Yami-Kawaii adalah Tempat di Mana Fashion Bertemu Depresi dan Bunuh Diri

Diperbarui: 4 Maret 2022   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

yami kawaii via www.refinery29.com 

Ketika ditanya apa yang mereka pikirkan saat mendengar kata "Jepang", pasti sebagian besar dari mereka akan memasukkan salah satu dari yang berikut: teknologi; Sushi; Tokyo, daerah perkotaan terbesar di dunia; Haruki Murakami; anime, dengan Studio Ghibli sebagai studio film animasi Jepang paling terkenal; bunga sakura dan bagaimana semua orang menunggu foto mekar mereka, yang dimulai pada bulan Januari di Okinawa, biasanya mencapai Kyoto dan Tokyo pada akhir Maret atau awal April.

Meskipun tidak ada jawaban yang tercantum di atas yang secara teknis salah, saya percaya bahwa orang luar langsung menganggap kata 'kawaii' dan estetikanya sebagai ciri khas budaya Jepang. 

Terdiri dari dua karakter, kata tersebut secara harfiah berarti "kemampuan untuk dicintai." Namun, ada topik lain yang terkait erat dengan Jepang yang tidak begitu cepat didekati orang: masalah kesehatan mental dan bunuh diri serta stigma yang melingkupinya. 

Di sinilah subkultur Yami-Kawaii mengganggu keheningan Jepang atas masalah ini. Tujuan artikel ini adalah untuk membahas peran penting yang disandang oleh estetika baru ini dalam menangani masalah sosial terbesar di Jepang, dengan mempertimbangkan sifat dan karakteristik stigma terkait kesehatan mental di kalangan orang Jepang.

Yami-Kawaii ('yami' yang berarti sakit atau merujuk ke rumah sakit) adalah estetika 'sakit-imut' yang telah menggelegak dari jalan-jalan Tokyo dan memanifestasikan melalui aksesoris seperti senjata palsu, jarum suntik, masker gas, pil, perban dan plester . Ini adalah gabungan dari embel-embel, hati, dan font cantik yang mengeja kata-kata seperti 'I Want to Die' atau 'Fuck Everyone Else.'

Yami-Kawaii memberikan dualitas unik antara pastel dan elemen gelap, sehingga menunjukkan gagasan penyakit di dalam kelucuan. Ketidakcocokan antara tampilannya yang lucu dan makna yang mendasarinya serta kata-kata anti-sosial inilah yang membuatnya semakin populer di kalangan anak muda. Aksesori yang digunakan untuk melengkapi penampilan, seperti kulit putih pucat dan mata merah yang sembab, merupakan elemen yang mengarahkan penonton pada gagasan bahwa pemakainya rapuh, lemah, dan terluka secara emosional.

Pertama-tama, mari kita coba memahami alasan mengapa Jepang memiliki salah satu tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Sebagai pengantar, Jepang adalah negara kolektivis, oleh karena itu orang Jepang yang ideal adalah anggota masyarakat yang fungsional; seseorang yang membutuhkan bantuan tambahan secara otomatis distigmatisasi. 

Seseorang dengan masalah mental tidak dipandang sebagai orang yang berharga secara sosial, dan tidak banyak kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan bantuan, mendapatkan pekerjaan, atau melakukan sesuatu yang berarti dalam hidup mereka.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa profesor dari Japanese Society of Psychiatry and Neurology, persepsi umum yang dipegang orang Jepang dianalisis, dan ini adalah beberapa temuannya:

"Mengenai pengetahuan tentang penyakit mental, studi yang ditinjau menunjukkan bahwa pada populasi umum Jepang, hanya sedikit orang yang berpikir bahwa orang dapat pulih dari gangguan mental. Faktor psikososial, termasuk kelemahan kepribadian, sering dianggap sebagai penyebab penyakit mental, daripada faktor biologis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline