Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Pendidikan Tentang Penelitian Tindakan Kelas

Diperbarui: 1 Desember 2023   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

ABSTRAK

 

PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU PERMINTAAN DAN PENAWARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PENGANTAR EKONOMI BISNIS PADA SISWA KELAS X JURUSAN AKL SEMESTER GANJIL DI SMK PLUS 

AL-MUJAHIDI TEMBOKREJO GUMUKMAS JEMBER

TAHUN PELAJARAN 2019-2020

 

Oleh 

ERY MARTIANA. E

Email : eryrama.em@gmail.com

 

Kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis kelas X jurusan AKL di SMK PLUS ALMUJAHIDI disebabkan oleh banyak faktor diantaranya penggunaan media pembelajaran yang kurang relevan dan guru kurang kreatif dalam penggunaan media pembelajaran yang dipadukan dengan model pembelajarann Discovery Learning hal tersebut menjadi penyebab bagi siswa yaitu siswa menjadi tidak kondusif didalam kelas sehingga pembelajaran berkesan membosankan dan tidak menyenangkan. Hal ini berpengaruh pada 10 siswa dari 26 siswa yang mempunyai skor tuntas/aktif. hasil tersebut menandakan masih 38,5% dari prosentase kelas yang aktif/tuntas dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Untuk menemukan solusi permasalahan dari kegiatan pembelajaran tersebut guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa, lingkungan sekolah dan guru itu sendiri yaitu dengan menggunakan media permainan kartu permintaan dan penawaran secara berkelompok. Media ini merupakan media yang dibuat dengan sederhana untuk memudahkan para siswa dalam bermain dan menarik minat siswa sehingga siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penggunakan media permainan kartu permintaan dan penawaran dalam pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis secara kuantitatif dan kualitatif yang dideskripsikan. Pada penelitian siklus I menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa sebanyak 50% dari 26 siswa sedangkan sisanya masih pasif/belum tuntas. Hasil penelitian pada siklus II meningkat menjadi 80 % dari 26 siswa yang aktif/tuntas yaitu sekitar 21 siswa sedangkan sisanya 5 orang siswa belum tuntas/pasif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa penggunaan media permainan kartu permintaan dan penawaran dapat meningkatkann aktivitas belajar siswa kelas X jurusan AKL SMK PLUS ALMUJAHIDI pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline