Lihat ke Halaman Asli

Erwin Yonata

Mahasiswa Ilmu Komputer

Kenapa Sistem Operasi Linux adalah Favorit Programmer

Diperbarui: 2 Juni 2024   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: pluspng.com

Kalau kamu programmer kamu pasti tidak asing lagi dengan sistem operasi Linux. Sistem operasi ini adalah andalan semua programmer sedunia, dikarenakan kemudahannya dan fleksibilitasnya dalam melakukan operasi. Tak terkecuali, Linux merupakan sistem operasi yang terbuka (open-source) yang berarti kode dari sistem operasi tersebut bebas diubah dan dimodifikasi sesuai dengan selera kamu.

Apa itu Linux?

Linux pertama kali dibuat oleh orang finlandia yang bernama Linux Benedict Torvald. Dia dikenal sebagai pencipta dan pemimpin dalam pembuatan kernel Linux. Sistem operasi Linux membuat debut nya sebagai sistem operasi yang "gratis" dan "terbuka" untuk semua orang, yang memiliki arti, sistem operasi ini dapat di unduh secara gratis dan tidak memerlukan lisensi apapun, dan juga kode dari struktur dapat di ubah dan dimodifikasi sesuai keinginan kita. Namun, apa sebenarnya kelebihan Linux dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Windows atau MacOS. 

Apa kelebihan Linux?

Linux menjadi unggul di beberapa aspek tertentu yang membuat sistem operasi menjadi pilihan banyak orang tertentu.

1. Linux itu cepat

Linux dikenal dengan kecepatannya dalam melakukan sebuah operasi, Linux bisa memuat program, gambar, video, rendering, dan program lainnya dengan sangat cepat dan tidak lelet. Linux memiliki manajemen RAM dan CPU yang lebih mutakhir dan canggih daripada OS lainnya, sehingga Linux dapat menjalankan suatu operasi dengan lebih mulus dan cepat.

2. Linux itu efisien

Dengan tujuan utama dalam pembuatan Linux adalah efisiensi, manajemen RAM dan CPU dalam Linux sudah mutakhir dan canggih, Linux dapat hanya menggunakan tidak sampai 1 GB RAM saat pertama kali boot up (atau menyalakan komputer pertama kali)*. Itu bisa terjadi karena Linux tidak memuat banyak program ke RAM saat pertama kali boot up, dan hanya memuat program yang user ingin jalankan. Oleh karena ini Linux dapat mencapai tingkat efisiensi yang tinggi daripada OS lain. 

* untuk beberapa distro Linux

3. Linux itu fleksibel

Fleksibilitas menjadi hal yang wajib di Linux. Anda dapat mengubah seluruh sistem operasi sesuai dengan keinginan Anda, apapun yang Anda ingin ubah di dalam sistem operasi tersebut dapat Anda ubah, oleh karena Linux adalah open-source, pengodean dan struktur jaringan sistem operasi dapat Anda lihat dan edit sendiri. Tapi tentu jika ada yang salah Andalah yang bertanggung jawab atas kehilangan data Anda, mungkin saja sistem operasi tidak berjalan sesuai dengan yang diiginkan dan rusak, jadi berhati-hatilah dengan merubah pengodean sistem operasi Linux.

Jika Anda terlanjur merusak sistem operasi, Anda bisa menginstall ulang sistem operasinya lagi kok :)  

4. Linux itu tidak perlu restart

Linux memiliki sejarah yang panjang sebagai sistem operasi yang sangat disukai dalam operasi server. Sebuah server biasanya tidak boleh mati dan harus berjalan 24/7 non-stop, disinilah keunikan linux dibandingkan sistem operasi lainnya. Linux tidak perlu restart jika sedang melakukan update sistem. Berbeda dengan sistem operasi Windows yang selalu mengharuskan restart saat update dan juga biasanya memaksakan update itu sendiri :) Karena itulah Linux sering dipakai di dalam server.

5. Linux itu bebas virus

Keunggulan dari projek open source adalah semua orang di dunia bisa membantu untuk mengembangkan dan memperbaiki sistem. Update linux biasanya tersedia cukup singkat (1 - 2 minggu sudah ada update baru). Hal inilah yang menjadi alasan Linux sulit sekali dimasukin virus, dikarenakan sistem nya diperbarui dalam waktu cukup singkat. 

Namun, setiap sistem operasi pasti ada keunggulan dan kekurangan,

1. Linux buruk di gaming

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline