Lihat ke Halaman Asli

Erwin Tejasomantri

Google Certified Trainer

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1 Pendidikan Guru Penggerak

Diperbarui: 27 Desember 2022   03:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Perkenalkan, nama saya Erwin Tejasomantri, S.Pd. Saya adalah Calon Guru Penggerak angkatan 7 dari SDN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yang sedang saya ikuti sangat banyak memberikan pelajaran berharga bagi saya sebagai seorang guru. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan. Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ini adalah refleksi saya setelah menjalani kegiatan Pendidikan Guru Penggerak.

Selama dua minggu saya dan rekan-rekan CGP lainnya telah mempelajari modul 1.1 tentang Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya mengacu pada model 4F, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway, yang mencakup: 1) Fact; 2) Feeling; 3) Findings; dan 4) Future.

FACTS (PERISTIWA)

Pada tanggal 20 Oktober 2022 Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7 resmi dibuka oleh Kemendikbudristek, Bapak Nadiem Makarim, B.A.,M.B.A. dan Dirjen GTK melalui zoom yang diikuti CGP Angkatan 7 se Indonesia.

Pembukaan juga diisi oleh Kepala Balai Guru Penggerak. Beliau menyampaikan bahwa selama mengikuti diklat guru penggerak diharap para CGP jangan sampai berhenti di tengah jalan karena Bapak/Ibu adalah guru-guru pilihan. Jangan dijadikan alasan karena kendala-kendala yang dapat menghambat proses belajar.

Setelah kegiatan zoom meeting seluruh CGP Angkatan 7 wajib mengikuti kegiatan-kegiatan serta pelatihan-pelatihan yang ada di LMS mulai dari mempelajari modul 1.1. tentang Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep di forum diskusi yang dipimpin oleh fasilitator, Bapak Neno Hendrayatno, S.Pd., M.Pd. Kemudian ada ruang kolaborasi, di mana setiap CGP berkolaborasi bersama kelompoknya masing-masing.

Pada tanggal 22 Oktober 2022 diadakan Lokakarya Orientasi secara luring dari pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB di Aula SMPN 1 Cijeungjing dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Bapak Endang Kuswana, S.IP., MM. Tujuan diselenggarakan Lokakarya ini adalah untuk memberi pemahaman tentang Program Guru Penggerak, alur belajar Guru Penggerak dan dukungan yang perlu diberikan oleh Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Dinas Pendidikan selama program berlangsung selama 6 bulan kedepan.

Lokakarya Orientasi ini dipandu oleh para Pengajar Praktik. Kelompok kami dibimbing langsung oleh Bapak Wawan Setiawan, S.Pd., selaku Pengajar Praktik. Beliau memberikan kepercayaan sepenuhnya untuk menggali pemahaman materi dalam Program Guru Penggerak, serta memberikan motivasi agar kami bisa bertahan mengikuti program hingga akhir.

Kurang lebih selama dua minggu, mulai 24 Oktober sampai 1 November 2022 kami belajar mandiri melalui LMS yang cukup mudah diakses dan dimanfaatkan, termasuk saat mengeksplore fitur-fitur yang ada di dalam LMS ini. 

Pada hari Selasa, 25 Oktober 2022, saya mengikuti Forum Diskusi Modul 1.1 di Ruang Diskusi Virtual dengan aplikasi Google Meet. Pertama kalinya kami bisa bertatap muka dengan Fasilitator kami, Bapak Neno Hendrayatno, S.Pd., M.Pd. Disini kami juga dapat berdiskusi dengan rekan-rekan CGP dari daerah lain, yaitu Kabupaten Cirebon, dibimbing langsung oleh Fasilitator. Beliau memandu diskusi dengan hangat dan akrab sehingga 90 menit berjalan tanpa terasa. Dari hasil diskusi saya mendapat pencerahan dan wawasan baru tentang filosofis pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline