Lihat ke Halaman Asli

erwin maolidan

Mahasiswa UMM

Sosialisasi Pemasaran Berbasis e-Commerce oleh PMM UMM Kelompok 57 kepada Masyarakat Dusun Santren

Diperbarui: 23 Januari 2021   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung pada Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 57 gelombang 14, mengadakan sosialisasi  pemasaran berbasis E-commerce dilakukan pada tanggal  31 Desember 2020  di Dusun Santren, Desa Ngembal, Kecamatan Wajak , Kabupaten Malang.

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam bentuk kelompok dan diperuntukkan kepada masyarakat Dusun Santren, desa Ngembal, Malang. PMM ini beranggotakan lima orang, yaitu : Dhimas Setiadi, M. Syukur Anwar, Ainur Rofiq, Sahrul Arifin dan Erwin Maolidan. Semua anggota tersebut bersal dari jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang, yang Dosen Pembimbingnya adalah Ibu Siti Khoiruli Ummah S.Pd, M.Pd.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat setempat mengenai pemasaran produk. Pada dasarnya pemasaran adalah strategi untuk meningkatkan nilai tambah untuk suatu produk.

Di tengah pandemi covid-19 persaingan usaha yang semakin padat, Usaha Kecil Menengah Keatas  harus punya kelebihan dibanding pesaing lainnya. Sehingga kami dari kelompok 57 memberikan edukasi kepada masyarakat setempat mengenai bagaimana cara melakukan pemasaran online. Tidak hanya itu saja kami juga mengajarkan kepada masyarakat bagaimana cara membuat akun untuk berjualan di media sosial atau e-commerce lainnya.

Sasaran dari sosialisasi pemasaran tersebut yaitu Ibu-ibu PKK, organisasi pemuda desa yang biasa dikenal dengan sebutan karang taruna, serta masyarakat setempat mulai dari anak-anak hingga dewasa.  

dok. pribadi

 Antusiasme masyarakat Dusun Santren bisa dikatakan cukup baik karena sudah sesuai dengan target dari kelompok 57, tidak hanya itu saja keaktifan dari masyarakat Dusun Santren sangat kami apresiasikan, karena banyak masyarakat yang aktif bertanya mulai dari anak-anak hingga dewasa. Serta masyarakat menerima dengan baik materi yang sudah kami sampaikan.

dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline