Lihat ke Halaman Asli

Asik Bermain Gadget Berujung Sesal

Diperbarui: 3 Mei 2016   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kemajuan zaman dan teknologi akhir-akhir ini menyita perhatian publik betapa tidak akibat kekinian masyarakat khususnya masa remaja menghabiskan banyak waktu untuk melakukan aktivitas di dunia maya dan menggunakan alat moderen salah satunya adalah Smart Phonatau yang sering kita kenal dengan sebutan Gagget akibatnya kebutuhan tidur menjadi lebih berkurang dan terpotong dengan aktivitas bermain Gagaet sehingga berdampak buruk bagi tubuh salah satunya adalah penurunan kesehatan tubuh. Kebutuhan akan tidur sama pentingnya dengan kebutuhan makan, aktivitas, maupun kebutuhan dasar lainya (Wartonah 2006).

Berikut berdasarkan hasil dari penelitian di university of pittsburg school of medicine menemukan bahwa responden berusia 19 hingga 32 tahun memiliki ganguan tidur lebih parah karena sering menghabiskan waktu bermain media sosial sebelum istirahat dan tidur (Serambinews.com).

Berikut ini beberapa dampak kurang baik bagi individu baik dalam beraktivitas maupun kesehatan tubuh diantaranya: 1. Nyeri, 2. Kecemasan, 3. Sering menguap di sela-sela aktivitas 4. Perubahan tingkat aktivitas, 5. dapat menimbulkan penyakit Dan banyak lagi ganguan-ganguan lainya yang diakibatkan oleh kurangnya kebutuhan tidur manusia.

Manfaat tidur yang cukup tentunya banyak dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari yaitu bangun dengan kondisi badan yang lebih segar, pulihnya stamina setelah berkerja, membangkitkan semangat untuk beraktivitas dan tentunya mengurangi beban kerja otak. Menurut http://m.detik.com (2012) manfaat tidur yang cukup diantaranya: 1. Mendapatkan seks hebat, 2, membantu mendapatkan tubuh ideal, 3. Terlihat tampak lebih muda, 4. Mengharmoniskan hubungan.

Berdasarkan uraian diata maka sudah selayaknyalah kita mengurangi aktivitas yang belum terlalu penting dan mengutamakan kebutuhan yang lebih penting guna mendapatkan manfaat secara baik dari istiraha dan tidur itu sendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline